Mengenal Kue Pedamaran Khas Jambi Nama Lainnya Kue Perahu

INFONYO.COM Kue Pedamaran merupakan salah satu kue tradisional khas Jambi yang lestari hingga kini, kue ini terbilang enak dikonsumsi baik pada acara resmi maupun santai. Bentuknya mirip perahu atau kapal kue pedamaran juga dikenal dengan nama kue perahu atau kue kapal.

Bagi masyarakat Jambi, kue pedamaran sangatlah populer hampir disetiap acara resmi maupun santai kue ini selalu hadir, sebagai hidangan pembuka ataupun penutup. Bentuknya yang unik serta rasanya yang enak membuat kue ini sangat digemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kue Pedamaran atau kue perahu merupakan tipikal kue basah tradisional khas Jambi, dimana proses pembuatannya yang mudah, membuat kue ini kerap dibuat dirumah-rumah warga. Rasanya yang lembut dan enak membuat kue ini disukai oleh siapa saja.

Proses pembuatan kue ini sangatlah mudah dan simpe yakni dengan cara di kukus, menggunakan daun pisang yang dibentuk persegi empat, lalu diisi adonan kombinasi dari tepung beras, santan dan air perasan pandan suji. Sedangkan sebagai pemanis, terdapat gula merah pada bagian bawah adonan, sehingga tampilan atas nampak berwarna hijau cerah sedangkan didalamnya terdapat gula merah yang ketika ingin dimakan maka gula merahnya akan lumer.

Kandungan daun pandan Suji juga membuat warna hijau alami pada kue Pedamaran, dan aroma alami pandan Suji tadi membuat kue Pedamaran semakin enak disantap karena memiliki aroma yang khas. Cara mengkonsumsi kue ini dengan menggunakan sendok kecil.

You May Also Like

About the Author: admin