Resep Pindang Ikan Patin Sehat Sederhana Rahasia Emak

pindang ikan patin

Siapa yang tak kenal pindang, masakan pindang ini identik dengan budaya melayu. Di Sumatra, seperti Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Aceh masakan ini sangat familiar sekali. Bahkan, hampir setiap rumah bisa dan kerap membuat masakan dengan rempah-rempah yang tentu menyehatkan juga sebagai obat herbal.

Selain simpel, cara membuatnya juga sangat mudah, praktis dan simpel, serta memasaknya cukup cepat dengan bumbu yang ada yang dapur masing-masing.

pindang ikan patin

Pindang Ikan Patin – infonyo.com

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Pindang Ikan Patin :

  1. 3 Potong Ikan Patin yang sudah dibersihkan
  2. 2 ruas bawang putih
  3. 1 ruas kunyit
  4. 2 buah Cabai rawit / sesuai selera
  5. Air 200 ml
[irp]

Bumbu-bumbu

Penyedap seperlunya

Gula pasir 1 sendok teh

garam

Cara memasak Pindang Ikan Patin

Tahapan pertama, iris-iris dua ruas bawang putih tadi, sekaligus kunyit dan juga cabai rawit.

[irp]

Berikutnya :

Panaskan wajan dan beri 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis. Setelah panas sempurna masukkan bahan-bahan yang telah di iris-iris tadi satu persatu, seperti bawang putih dan cabai biarkan sampai baunya harum, sedangkan kunyit belum dimasukkan menunggu sampai dituangi air.

Selanjutnya :

Masukkan air kedalam wajan, yang didalamnya tumisan bawang tadi, lalu masukkan juga irisan kunyit, lalu biarkan sampai mendidih. Saat yang bersamaan masukkan penyedap secukupnya lalu gula pasir dan garam secukupnya.

[irp]

Lalu silahkan icip-icip untuk menentukan rasanya udah pas atau belum, jika sudah pas silahkan masukkan 3 potong ikan patin tadi kedalam wajan.

Biarkan sampai mendidih dan ikan patin tersebut matang dengan sempurna. Silahkan balik ikan dengan perlahan, agar ikan tidak hancur, dan icip-icip lagi, jika sudah pas sempurna dan matang, silahkan diangkat.

[irp]

Dan pindang ikan patin resep sederhana siap dihidangkan, bisa dikombinasi dengan sambel terasi atau sambel lainnya, selamat mencoba.***

[irp]

You May Also Like

About the Author: admin