Cara Menghadapi Stress Agar Tidak Makin Parah

stress

Hampir setiap orang pernah mengalami stress, namun hanya berbeda saja tingkatannya, ada yang stress ringan, sedang bahkan berat. Namun setiap orang berbeda-beda cara menyikapinya, agar stress tersebut tidak menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

Dikutip dari situs Kemenkes, ada beberapa tips untuk mengatasi dan menghadapi stress :

Langkah Menghadapi Stress

  • Cerita

Jika anda mengalami stress baiknya, bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya, dengan tujuan agar anda mendapatkan solusi atas masalah yang anda hadapi, atau paling tidak anda sudah mengutarakan masalah anda kepada orang yang dipercaya, misalnya sumi ke istri atau sebaliknya.  

  • Beraktifitas

Usahakan agar anda tetap melakukan aktifitas, atau kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan, selain membuat tubuh tetap bugar, stress pada diri anda dapat berkurang.

  • Salurkan Hobi

Salurkan dan kembangkan hobi bermanfaat anda, dengan tujuan agar menurunkan tingkat stress anda, dan membuat anda tetap bahagia.

  • Tingkatkan Ibadah dan Mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa

Tahapan ini adalah hal yang sangat penting, orang yang selalu beribadah dan dekat dengan Tuhan biasanya tingkat stressnya rendah, sebab orang tersebut pasrah atas ketetapan Yang Maha Kuasa, namun mereka tetap berusaha dan berikhtiar.

  • Senantiasa Berpikir positif

Senantiasa untuk berfikir positif membuat stress berkurang bahkan bebas dari stress, biasanya orang-orang yang berfikir positif jarang sekali menderita stress.

  • Berusaha Bersikap Tenang dan Relaksasi

Senantiasa bersikap tenang dan rutin melakukan relaksasi adalah cara untuk menghindari dan mengurasi stress.

  • Jaga Kesehatan dan Olahraga Teratur

Senantiasa berolahraga, dan menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting, diikuti pula dengan tidur  yang cukup, dan makan makanan bergizi seimbang.

Kesemua faktor diatas adalah hanya sebagai teori yang mungkin banyak diketahui oleh orang, hanya saja untuk prakteknya sedikit lebih sulit. Tentunya, anda perlu berlatif dan terus berlatih, secara bertahap tentunya agar semua itu bisa dicapai.

Biasanya stress itu akibat ulah kita sendiri, entah itu memikirkan keuangan, jabatan, kesehatan atau berbagai hal lain yang dapat memacu stress. Untuk itu, kesadaran diri untuk lebih baik adalah kuncinya, agar tidak muncul stress nantinya.***

You May Also Like

About the Author: admin