Mengenal Ikan Elang Tiger Sumatra Yang Mulai Langka

Meski Mahal Tiger Fish Kini Jadi Incaran Penghobist

Ikan Elang Tiger atau Tiger Fish merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai besar atau kecil. Di Jambi ikan ini juga hidup di Sungai Batanghari dan anak sungai yang berada dikawasan ini.

Beberapa tahun yang lalu, ikan ini cenderung banyak ditemui, bahkan setiap musim ikan mudik ataupun air sungai mulai surut, ikan Elang Tiger banyak didapat oleh para pencari ikan alias nelayan.

Ikan Elang Tiger atau Tiger Fish Sumatra – infonyo.com

Ukuran yang didapat beraneka ragam, kisaran 10 cm hingga 20 cm. Ikan ini tergolong ikan hias, para pencari ikan atau nelayan yang berada dikawasan pinggiran Sungai Batanghari juga mengetahui hal ini. Akan tetapi, saat itu harga ikan ini tergolong murah dan hanya beberapa orang saja yang mau membelinya.

Saat itu, harga ikan ini di tingkat nelayan hanya dikisaran 50 – 100 ribu rupiah saja. Tentu saja sangat murah jika dibandingkan saat ini yang harganya selangit.

Ukuran Ikan Elang Tiger


Di alam liar, Ikan ini bisa tumbuh hingga sekitar 15-30 sentimeter bahkan lebih, namun yang pernah didapat hanya ukuran tersebut, dan itupun  hanya sesekali saja. Namun jika dipelihara didalam akuarium hanya berkisar 15-20 centimeter atau (6-8 inci), tergantung besaran akuarium dan lamanya pemeliharaan.

Hidup ikan elang tiger ini cenderung damai dan bersosial, tetapi mereka dapat menjadi agresif terhadap sesama mereka jika akuarium terlalu kecil atau jika terdapat persaingan dalam asupan sesama ikan lain.

Untuk dipelihara di akuarium, ikan ini bisa dicampur dengan ikan jenis lain, tentunya yang sama sama predator seperti ikan arwana dan beberapa jenis ikan lainnya.

Untuk menjaga ikan elang tiger dengan baik, Anda perlu menyediakan akuarium yang cukup besar dengan air bersuhu antara 24-30 derajat Celsius (75-86 derajat Fahrenheit).  Mereka membutuhkan air yang bersih dan kondisi lingkungan yang stabil, jika tidak ikan ini bisa dibilang cukup agresif.

Sementara itu, elang tiger merupakan ikan pemakan segala, tetapi mereka lebih suka makanan hidup seperti anak ikan, udang, cacing darah, larva serangga, dan plankton. Anda juga dapat memberi makan ikan elang tiger dengan pelet atau makanan kering yang dirancang khusus untuk ikan akuarium.

Khusus untuk pembiakan ikan elang tiger dapat menjadi tugas yang menantang, karena mereka memerlukan lingkungan khusus dan perhatian lebih untuk menghasilkan telur dan menetaskan larva.

Berdasakan info, belum ada yang bisa membudidayakan ikan ini dengan sempurna. Namun bisa saja informasi ini salah, sebab kemajuan teknologi berkembang dengan pesat, terlebih untuk membudidayakan ikan elang tiger ini. Tentunya jika bisa dibudidayakan akan menjadi pundi pundi yang sangat menjanjikan.

Harga Ikan Elang Tiger

Hingga saat ini, ikan elang tiger cukup menjadi primadona dikalangan pecinta ikan hias dalam dan luar negeri. Sebab, ikan ini memiliki ciri khas khusus dan cukup unik untuk dipelihara di aquarium.  Alhasil, harga ikan ini cukup dibilang  fantastis, tentunya harga yang sangat tinggi di pasar ikan hias tanah air.

Dulu yang awalnya harganya hanya kisaran ratusan ribu di tingkat konsumen pencinta ikan hias, kini harga ikan elang tiger mencapai jutaan bahkan belasan hingga puluhan juta, tergantung warna, corak dan ukuran ikan.

Akibat harga yang tinggi tersebut, membuat ikan elang tiger ini diburu dan dicari oleh para pencari ikan, tentunya para penghobist ikan hias. Sebab ikan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat karena harga yang selangit tersebut.

Beda Ikan Elang Tiger Sumatra dan Kalimantan

Ada yang menjadi pembeda ikan elang tiger yang berasal dari Sungai Batanghari dan tempat lain, seperti Kalimantan dan Palembang Sumatera Selatan. Ikan elang tiger dari Sungai Batanghari Jambi, umumnya memiliki corak atau garis hitam di badan ikan 4 – 5 garis, atau dikenal dengan bar.

Sedangkan ikan elang tiger dari Kalimantan dominan 3 bar, jumlah bar ini tentu menarik peminat para penghobist. Ada yang suka dengan ikan elang tiger dengan 3 bar, ataupun 4-5 bar, tentunya tergantung dari masing masing individu.***

You May Also Like

About the Author: admin