Cara Agar Pengajuan Pinjaman Kredit Bank Cepat Disetujui

INFONYO.COM – Meminjam uang ke bank merupakan salah satu alternatif pembiayaan atau permodalan suatu usaha, hanya saja butuh waktu dan proses.

Proses meminjam ke bank itu, sebenarnya tidaklah sulit, jika semua persyaratan lengkap dan juga trek record pada bank yang yang dituju atau bank lainnya cukup baik.

Memang membutuhkan waktu dan proses, karena ada banyak bahan atau berkas yang harus dipenuhi, agar pinjaman yang diajukan diterima.

Dikutip dari laman resmi bank Cimb Niaga, ada sejumlah langkah agar pengajuan pinjaman pada sebuah bank cepat diterima, diantaranya:

Pastikan skor kredit bagus

Untuk melakukan pinjaman dana pada sebuah bank, haruslah memiliki skor kredit yang baik, sebab jika tidak maka pengajuan pinjaman akan sulit diterima.

Apa itu skor kredit?

Skor kredit adalah riwayat pinjaman atau kredit yang dimiliki seseorang.

Dari skor kredit itulah, bank akan melihat bagaimana kemampuan membayar pinjaman atau cicilan, jika skor kreditnya bagus tentunya bank akan memberi pertimbangan untuk memberikan kredit.

Begitu juga sebaliknya, jika bank menemukan skor kredit kurang bagus, maka bank akan sulit memberikan bantuan kredit.

Penuhi persyaratan yang diajukan bank

Jika ingin pinjaman anda cepat cair maka penuhi persyaratan yang diminta, agar proses dapat berjalan dengan lancar.

Karena hampir stiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda dalam hal pemberian pinjaman dana.

Berikut ini beberapa syarat yang diminta oleh pihak bank dalam memberikan pinjaman dana, yaitu:

Fotokopi identitas diri yakni berupa KTP dan Kartu Keluarga

Fotokopi data penghasilan atau slip gaji

Fotokopi NPWP (Jika pinjaman diatas Rp50 juta)

Fotokopi buku tabungan

Dokumen kepemilikan agunan misalnya BPKB, sertifikat tanah dengan catatan jika ingin mengambil pinjaman beragunan

BACA JUGA  Cara Registrasi Paylater BCA, Hanya 2 Menit Saja

Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan

Pihak bank mempunyai kriteria tersendiri dalam memberikan dana pinjaman kepada seseorang, dan mereka tidak akan mengambil resiko jika calon debitur mereka diyakini sulit untuk membayar pinjaman.

Misalnya, seseorang memiliki penghasilan Rp5 juta/bulan, namun saat mengajukan pinjaman dana, mengajukan pinjaman senilai Rp500 juta untuk modal berbisnis.

Hal ini tidaklah relevan dengan penghasilan yang dimiliki, dan pinjaman yang akan diajukan. Tentu, debitur tersebut nantinya akan kesulitan untuk membayar pinjaman mereka.

Tentukan tenor pinjaman

Berikutnya adalah tenor pinjaman, cara agar pinjaman dana cepat disetujui bank adalah dengan cara menentukan tenor pinjaman yang tepat dengan kebutuhan dan kemampuan.

Tenor merupakan jangkan waktu pinjaman yang akan dibayar oleh seorang debitur kepada pemberi dana, mulai dari 12, 24,36 bulan bahkan ada yang hingga 120 bulan atau 10 tahun.

Bank juga akan melihat jumlah dana yang akan diberikan dengan tenor waktu pinjaman, jika sesuai dan tepat, otomatis pinjaman disetujui.

Untuk menentukan tenor pinjaman baiknya memperhitungkan terlebih dahulu berapa besar uang bisa disisihkan untuk mengangsur pinjaman yang nantinya akan diberikan.

Menentukan tenor disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayar pinjaman nantinya.***

Sumber: cimbniaga.co.id

You May Also Like

About the Author: admin