Setelah Masak Pare Masih Pahit ? Coba Tips Berikut Ini

Dijamin Pare Tidak Pahit Lagi

Pare terkenal rasanya yang sangat pahit, meskipun pahit tetap banyak yang suka terhadap tanaman yang satu ini, alhasil harga pare di pasar tetap tinggi karena peminatnya yang banyak.

Rasa Pahit Pare Bisa Dihilangkan – Infonyo.com

Perlu diketahui Pare (Momordica charantia), juga dikenal sebagai “bitter melon” atau “bitter gourd” dalam bahasa Inggris, adalah tumbuhan yang tumbuh di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Tumbuhan ini berasal dari wilayah India dan memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai tradisi kuliner dan pengobatan di berbagai negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

[irp]

Saat ini pare sudah dibudidayakan, menjadi tanaman andalan para petani yang harga jualnya dinilai cukup stabil, sebab pemeliharaannya terbilang sulit.

Pernahkah anda saat makan pare masih terasa pahit, setelah diolah masih saja terasa pahit. Untuk mengurangi rasa pahit pada pare saat memasak, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut :

  • Pilih Pare yang Tepat

Pilih pare yang masih muda dan segar. Pare yang sudah tua cenderung lebih pahit. Pastikan kulitnya masih halus dan tidak berkerut, warnanya masih hijau cerah dan tidak kekuningan.

[irp]
  • Iris dan Rendam dalam Air Garam

Iris pare sesuai selera Anda, kalau saya biasanya diiris agak sedikit tipis dan jangan terlalu tebal, tujuannya agar getah yang terdapat didalam pare tersebut keluar sempurna. Selanjutnya rendam dalam air garam selama sekitar 15-20 menit. Ini membantu mengurangi rasa pahitnya. Setelah itu, bilas pare dengan air bersih.

  • Rebus atau Goreng Terlebih Dahulu

Langkah berikut adalah dengan cara merebus atau menggoreng pare sebentar sebelum memasaknya sesuai resep Anda. Ini akan mengurangi rasa pahitnya. Jika Anda merebus, gunakan air garam lagi saat merebusnya, setelah direbus buang airnya lalu cuci kembali dengan air bersih.

  • Kombinasi dengan Bahan Lain

Pencampuran pare dengan bahan-bahan lain yang memiliki cita rasa yang kuat, seperti bawang putih, cabai, atau kecap, dapat membantu menyamarkan rasa pahitnya, sehingga rasa pahit yang ada di pare bisa diminimalisir.

[irp]
  • Pengolahan yang Tepat

Pastikan Anda memasak pare dengan metode yang tepat sesuai resep. Pare bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, ditumis, atau dicampur dalam sup atau tumisan,  untuk saya sendiri lebih suka ditumis dengan campuran sedikit bawang dan cabai.

  • Penambahan Gula atau Madu

Bisa juga dengan enambahkan sedikit gula atau madu dalam hidangan yang mengandung pare dapat membantu meredakan rasa pahitnya.

[irp]
  • Jangan Terlalu Matang

Jangan terlalu lama memasak pare, karena dapat membuatnya semakin pahit. Pare sebaiknya dimasak hingga empuk tetapi masih sedikit renyah, agar saat dimakan masih ada sensasinya tentunya bikin nikmat.

  • Coba Variasi Resep

Anda perlu mencoba beberapa resep dan metode memasak, ini akan dapat membantu Anda menemukan cara yang paling sesuai dengan selera Anda untuk mengatasi rasa pahit pare.

Ingatlah bahwa selera orang berbeda, dan beberapa orang mungkin tetap merasakan pahit saat makan pare, meskipun sudah mengikuti tips ini. Cobalah berbagai metode dan variasi hingga Anda menemukan cara yang paling cocok untuk menghilangkan rasa pahit pada pare sesuai dengan selera Anda.***

You May Also Like

About the Author: admin