Tips Belanja Online Agar Kamu Tidak Tertipu

Saat ini belanja online makin diminati oleh masyarakat, bahkan di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Kendati demikian, ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan kepada siapa saja yang menjadi korbannya dengan beragam modus dan cara.

Maraknya e-commerce di tanah air membuat kita tetap waspada dan belajar dan berbagai kasus penipuan yang telah terjadi. Sehingga anda tidak akan menjadi korban dari kejahatan melalui online. Anehnya, meski telah gencar informasi soal maraknya penipuan online, masih saja banyak yang menjadi korban.

Tren Pemakai E-Commerce di Indonesia Diprediksi Terus Meningkat

Wajib berhati hati dalam berbelanja online – infonyo.com

Jika kita amati, tren pengguna e-commerce di tanah air terus meningkat dari waktu ke waktu. Sebut saja beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan aplikasi ataupun penyedia layanan online jual beli. Ini salah satu bukti, bahwa tren belanja online masih akan terus berkembang kedepannya.

Berikut ini kami paparkan tips aman dalam berbelanja olnline untuk meminimalisir agar anda tidak menjadi korban penipuan.

Tips Aman Dalam Belanja Online

  • Kenali Toko atau Tempat Anda Membeli

Mengenali secara spesifik toko tempat membeli di marketplace adalah hal penting, demi kenyamanan dan keamanaan transaksi anda nantinya.  Gunakan aplikasi resmi yang umum digunakan banyak orang diantaranya, shopee, lazada, bukalapak, blibli.com dan tokopedia.

  • Hati hati dengan Tawaran Harga Murah

Oknum penipu online kerap sekali memajang barang yang harganya sangat murah, dengan tujuan untuk menarik pembeli, bahkan harga tersebut tidak masuk akal. Banyak orang yang tertipu dan tergiur dengan harga murah, hal ini membuat sebagian orang kalap mata, sehingga tergiur dan langsung melakukan transfer.

  • Testimoni Jangan Jadikan Patokan

Di website tertentu para pelaku penipuan online kerap melancarkan serangan berupa memberikan ulasan atau terstimoni pada produk yang dijadikan alat untuk menipu. Sebab, testimoni tersebut bukanlah dari pembeli asli, melainkan hanya pembeli fiktif atau manipulasi berupa ulasan yang diberikan sendiri, agar target tertipu.

  • Simpanlah bukti transfer anda

Jika anda melakukan transfer ke toko online, ataupun marketplace jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer. Bisa juga di foto atau di screenshoot dari ponsel anda. Sebab, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan anda mempunyai bukti untuk dilaporkan ke pihak terkait.

  • Cermati Katalog Produk

Berdasarkan penelusuran, banyak toko online yang tidak memajang atau menggunakan foto hasil jepretan sendiri, kondisi ini bisa saja terjadi. Akan tetapi, yang menjadi poin adalah toko online yang memajang foto yang diambil dari toko orang lain dengan tujuan untuk menipu. Mereka merubah sedikit, atau sebagian besar dari foto tersebut untuk di pajang di toko fiktif mereka.

  • Lakukan Cek Ulang Rekening Transfer

Anda bisa melakukan cek rekening penerima melalui cekrekening.id yang dirilis Kementrian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ). Dari situs ini anda bisa melakukan croscek rekening yang akan anda transfer, dengan tujuan agar anda tidak tertipu.

  • Cek Indentitas Olshop atau Penjual

Penting untuk memerika legalitas dan verifikasi toko tempat anda akan berbelanja online. Saat ini bisa didapatkan dengan mudah, melalui website resmi dari toko online tersebut. Disitu kelihatan data dari online shop seperti, nama usaha atau perusahaan, alamat, email ataupun kontak dan nomor telepon dari olshop tersebut.

  • Usahakan kontak langsung dengan penjual

Meskipun banyak olshop memiliki admin untuk menghandle pekerjaan untuk melayani konsumen, namun masih ada olshop yang dipegang langsung oleh pemilik atau owner. Jika anda bisa berkomunikasi langsung baik itu pesan singkat atau video call, artinya validitas olshop yang mereka jalankan memenuhi kriteria.

  • Gunakan Bayar Ditempat

Agar tetap aman, usahakan menggunakan layanan Cost on Delivery atau bayar ditempat. Artinya barang yang anda beli melalui olshop, bisa dibayar ditempat anda. Sehingga anda tidak perlu lagi khawatir uang anda akan hilang dan barang tidak dikirimkan setelah melakukan transfer.

Cara ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk meminimalisir resiko dari penipuan oleh oknum olshop penipu. Dengan menggunakan bayar ditempat rasa was was tidak akan timbul, hanya saja jika memang benar toko tersebut valid, tentu barang yang anda pesan akan sampai.

Dari semua tips diatas anda harus cermat dan waspada terhadap segala kemungkinan, sebab oknum penipu online akalnya banyak sekali untuk mengelabui calon korbannya. Anda harus cek dan ricek terhadap toko online atau olshop.***

You May Also Like

About the Author: admin