Infonyo

Tips Ampuh Lolos Wawancara Kerja Anti Gagal

Lolos dalam wawancara kerja salah satu pencapaian yang luar biasa, betapa tidak ada banyak pesaing yang memperebutkan posisi suatu pekerjaan, namun anda salah satu dari mereka yang lolos saat wawancara kerja dan diterima bekerja.

Akan tetapi, apa apa saja yang menjadi bagian terpenting saat anda ingin wawancara kerja, berikut informasinya :

Pelajari tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Mengetahui visi, misi, produk, layanan, dan budaya perusahaan akan menunjukkan bahwa Anda tertarik dan serius, sehingga akan mempermudah dalam wawancara nantinya.

BACA JUGA..

Kenali juga tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi tersebut sehingga Anda bisa merencanakan bagaimana pengalaman dan keterampilan Anda yang relevan.

Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum seperti “Ceritakan tentang diri Anda,” “Mengapa Anda tertarik pada posisi ini?” dan “Apa kelebihan dan kelemahan Anda?”

Latih jawaban Anda agar terdengar jelas, terstruktur, dan berfokus pada keterampilan dan pengalaman yang relevan.

Ketika menjawab pertanyaan yang meminta contoh konkret, gunakan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result). Deskripsikan situasi, tugas yang Anda hadapi, tindakan yang Anda ambil, dan hasil yang dicapai.

Keterampilan luwes seperti komunikasi yang baik, kerja tim, kepemimpinan, dan adaptabilitas sering dicari oleh perekrut. Berikan contoh konkret bagaimana Anda telah menunjukkan keterampilan ini di tempat kerja sebelumnya.

Saat diberi kesempatan untuk bertanya, tanyakan hal-hal yang memperlihatkan minat Anda terhadap perusahaan dan posisi, serta yang tidak bisa ditemukan di laman perusahaan.

Pertanyaan tentang budaya kerja, peluang pengembangan, dan harapan untuk peran tersebut adalah contoh yang baik. Jangan terlalu berlebihan, sehingga membuat pewawancara anda menjadi ilfil.

Di dunia kerja nantinya, sikap dan penampilan merupakan salah satu bagian penting, untuk itu saat wawancara kenakan pakaian yang sesuai dan rapi sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sikap yang percaya diri, ramah, dan sopan sangat penting.

Jangan lupa menjaga kontak mata dan senyuman, karena hal ini mencerminkan ketertarikan dan kesiapan Anda.

Praktikkan wawancara dengan teman atau anggota keluarga untuk merasa lebih nyaman dalam menjawab pertanyaan secara lisan.

Mereka bisa memberikan umpan balik yang berharga untuk meningkatkan kualitas jawaban Anda.

Wawancara bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, tetapi cobalah kelola stres dengan teknik pernapasan dalam, meditasi, atau olahraga ringan sebelum wawancara. Atur pola ritme tubuh dan nafas anda, agar saat wawancara tidak tampak tegang dan stress.

Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan dan kepribadian Anda.

Jangan mencoba menjadi seseorang yang Anda tidak sebenarnya. Tunjukkan siapa Anda sebenarnya dan bagaimana Anda akan berkontribusi dengan unik dalam peran tersebut.

Setelah wawancara, sampaikan ucapan terimakasih kepada pewawancara anda, atau bisa juga melalui email atau pesan singkat, sebagai wujud terimakasih telah mengundang untuk wawancara.

Ingatlah bahwa setiap wawancara adalah kesempatan untuk belajar, jadi apapun hasilnya, Anda dapat mengambil pelajaran untuk peningkatan di masa mendatang. Semoga sukses dalam wawancara kerja Anda!

Exit mobile version