Tips Agar Terhindar Dari Dampak Buruk Kabut Asap

Kabut asap mulai menyelimuti Kota Jambi dan sekitarnya, akibatnya pada pagi hari sangat terasa sekali bau asap dan nafas terasa sesak. Tentunya ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih jika anda telah mengalami penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

Kabut Asap di Kota Jambi – Infonyo.com

Tidak hanya terasa saat bernafas, asap juga mulai tampak disetiap sudut di Kota Jambi, terlebih saat pagi hari jalan jalan protokol nampak jelas asap yang tentu menghalangi jarak pandang.

Kabut asap memiliki berdampak buruk pada kesehatan Anda, terutama jika Anda tinggal di daerah yang sering mengalami kebakaran hutan atau polusi udara. Untuk terhindar dari dampak kabut asap, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

Tips Agar Terhindar Dampak Buruk Kabut Asap

[irp]
  • Tetap di dalam ruangan

Usahakan untuk tetap di dalam ruangan sebanyak mungkin selama periode kabut asap. Jika Anda harus keluar, usahakan untuk mengurangi waktu di luar. Sehingga intensitas anda diluar berkurang, dan dampak akibat kabut asap tersebut sedikit berkurang

  • Gunakan purifier udara

Gunakan purifier udara atau alat pemurni udara di dalam rumah Anda, dengan tujuan untuk membersihkan udara dari partikel-partikel berbahaya. Pastikan alat ini memiliki filter yang sesuai untuk menangani partikel-partikel kecil.

[irp]
  • Jendela dan pintu tertutup

Agar asap tidak sampai masuk terlalu banyak dirumah anda, pastikan jendela dan pintu rumah Anda tertutup rapat untuk mencegah asap masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menggunakan penyegelan tambahan seperti strip karet untuk mencegah kebocoran udara.

  • Gunakan masker pelindung

Jika Anda harus keluar rumah, kenakan masker N95 atau masker yang dirancang khusus untuk melindungi dari partikel-partikel kecil yang terdapat dalam kabut asap. Penggunaan masker dapat membantu akibat yang ditimbulkan oleh kabut asap tersebut.

  • Hindari aktivitas fisik berat

Jika kabut asap sangat buruk, hindari aktivitas fisik berat di luar ruangan seperti berolahraga, jogging, atau kerja keras. Kabut asap dapat mengiritasi saluran pernapasan Anda, usahakan tetap beraktifitas berat didalam ruangan.

  • Minum air yang cukup

Musim kemarau dan panas terik membuat tubuh cepat dehidrasi, pastikan Anda minum cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jangan sampai anda kurang minum, sehingga dapat menurunkan kesehatan tubuh anda, udara berpolusi dapat membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

[irp]
  • Gunakan perangkat kebersihan udara di mobil

Jika anda memiliki mobil, dan mengharuskan anda harus mengemudi dalam kabut asap, pastikan mobil Anda dilengkapi dengan perangkat pemurni udara yang baik. Selain itu, atur sirkulasi udara dalam mobil untuk meminimalkan masuknya asap.

  • Pantau perkembangan kabut asap

Saat ini banyak media social yang menyajikan informasi tentang kabut asap disetiap daerah. Baiknya anda pantau laporan cuaca dan informasi tentang kualitas udara setempat. Jika ada peringatan atau saran untuk menghindari ke luar ruangan, patuhi petunjuk tersebut.

  • Lindungi mata

Jika Anda memiliki masalah mata atau mata terasa iritasi akibat kabut asap, gunakan kacamata pelindung atau tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter. Kondisi ini terjadi biasanya kabut asap yang sudah mulai pekat, selain bikin sesak nafas juga membuat mata kita perih.

[irp]
  • Simpan perlengkapan darurat

Siapkan tas perlengkapan darurat dengan masker, obat-obatan, dan peralatan lain yang diperlukan jika Anda harus menghadapi kabut asap dalam jangka waktu yang lama.

Senantiasanya patuhi anjuran petugas yang berwenang demi kesehatan kita semua. Biasanya informasi tersebut disampaikan di media resmi pemerintah ataupun pihak yang berwenang.***

You May Also Like

About the Author: admin