Tiga Kode Rahasia Ponsel Yang Perlu Diketahui

Antisipasi Jika Ponsel Rusak atau Hilang

Hampir semua ponsel memiliki kode rahasia atau USSD code (Unstructured Supplementary Service Data) dengan tujuan tertentu. Kode tersebut hanya diketahui sebagian orang yang faham mengenai kode rahasia suatu ponsel. Salah satunya teknisi ponsel, yang mengetahui seluk beluk ponsel dari berabgai merek.

Kode ini amatlah penting, untuk mempermudah pekerjaan, jika ponsel anda mengalami insiden tertentu, seperti rusaknya lcd, atau berbagai kerusakan lainnya.

[irp]

Diantaranya :

  • Kode Rahasia Ponsel (USSD Codes) .
  • *#06#

Kode ini hampir sama disemua ponsel, digunakan jika ingin menampilkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) ponsel Anda. Nomor IMEI adalah identifikasi unik untuk perangkat ponsel Anda, yang setiap ponselnya berbeda beda. Tujuannya adalah memastikan bahwa nomor IMEI tersebut sesuai dengan ponsel yang didaftarkan dan bersifat legal.

  • ##4636##

Ini adalah kode, yang mampu memberikan akses informasi detail tentang status ponsel Anda, mulai dari informasi menyangkut baterai, penggunaan data, dan jaringan seluler.

  • *#21#

Biasanya kode seperti ini, digunakan untuk memeriksa apakah panggilan suara, pesan teks, dan data dialihkan atau tidak. Informasi Ini sangatlah penting berguna jika Anda ingin memastikan panggilan Anda tidak dialihkan tanpa izin.

Kode Pengaturan Pabrik atau Kode Reset

  • ##7780##

Biasanya digunakan untuk melakukan reset ponsel Anda ke pengaturan pabrik tanpa menghapus data Anda. Kondisi Ini dapat membantu jika Anda mengalami masalah dengan ponsel Anda dan ingin mencoba mengembalikannya ke kondisi awal atau kembali ke pengaturan pabrik.

  • ##1472365##

Adapun kode kali ini digunakan unutk mengakses menu pengujian GPS pada beberapa ponsel Android. Ini berguna jika Anda ingin memeriksa kinerja GPS ponsel Anda.

[irp]
  • Kode Untuk Memeriksa Informasi Jaringan :
  • ##4636##

Untuk memerika informasi tentang jaringan selular dan sinyal ponsel, anda dapat menggunakan kode ini, data tersebut akan muncul jika anda menekal ussd ini.

  • ##463##

Penting juga bagi anda pengguna ponsel apapun jenis dan mereknya,

Kode ini dapat memberikan informasi tentang penggunaan data ponsel yang anda miliki.

  • ##225##

Adapun unutk memerika status gawat darurat, anda bisa menggunakan kode ponsel ini.

Selain itu masih banyak lagi ussd code yang lain, yang masih digunakan untuk menggali informasi yang ada di ponsel tersebut, serta dalam rangka perbaikan ponsel ini.

[irp]

Harap diingat bahwa penggunaan kode-kode ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel Anda, dan beberapa kode mungkin tidak berfungsi di semua ponsel. Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakan kode-kode ini, terutama kode reset, karena dapat menghapus data penting dari ponsel Anda.

Pada sejumlah kasus, keseringan mengotak atik ponsel miliknya, bisa jadi berakibat fatal, sehingga bisa mengapus semua aplikasi dan data pemilik ponsel. Pastikan untuk memahami implikasinya sebelum menggunakan kode-kode tersebut, agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.***

You May Also Like

About the Author: admin