Saatnya Anda Mencoba Khasiat Bunga Telang Sebagai Obat Herbal

Saat ini pengobatan herbal tengah gencar dilakukan oleh sebagian masyarakat. Selain biaya yang murah, pengobatan herbal dengan menggunakan ramuan dari tumbuh tumbuhan ini mudah didapat dan hampir tidak memiliki efek samping.

Apalagi Indonesia merupakan Negara yang memiliki iklim tropis, banyak tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan tumbuh subur dan berkembang biak.

Salah satunya tanaman Telang, Bunga Telang  secara ilmiah dikenal sebagai Clitoria ternatea.  Berdasarkan pengamatan Tanaman Telang memiliki bunga berwarna biru cerah dan ungu yang khas, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu.

Namun siapa sangka, Bunga telah saat ini tengah menjadi incaran karena kaya manfaat untuk kesehatan, yang bisa dikonsumsi rutin setiap hari tanpa ribet dan sangat praktis.

BACA JUGA..

Berikut kami paparkan sejumlah manfaat Bunga Telang untuk kesehatan :  

  1. Membantu memperbaiki mood/ suasana hati

Teh Bunga Telang dipercaya mampu mampu untuk memperbaiki mood atau suasana hati, yang dapat mengurangi stress dan kecematan bagi yang mengkonsumsinya.

  • Baik untuk kesehatan otak

Kandungan Bunga Telang  sangat kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

Selain itu, Bunga Telang juga mampu meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

  • Merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Kandungan  bioflavonoid dan anthocyanin, salah satu senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta mampu mengatasi kerontokan rambut serta mengurangi munculnya uban.

  • Mengandung antioksidan

Bunga Telang memiliki antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif sehingga mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

  • Mengurangi peradangan

Kandungan  51-52% asam oleat didalam Bunga Telang, dalam sejumlah studi menyimpulkan, asam oleat mampu mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

  • Mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung

Bunga Telang menjadi salah satu referensi bagi anda yang mempunyai tekanan darah tinggi. Karena, didalam kandungan Bunga Telang  ada senyawa antosianin  akan membantu mengurangi kekakuan arteri. Semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Jadi itulah paparan singkat mengenai manfaat Bunga Telang untuk kesehatan. Bunga Telang saat ini telah banyak dijumpai karena telah banyak ditanam sebagai tanaman obat keluarga di rumah rumah. Karena tumbuhan ini mudah tumbuh subur dan cepat berkembang.***

  • 6 Tips Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran ke Kampung

  • 4 Alasan Kenapa Dianjurkan Menutup Wadah Makanan dan Minuman

  • Ini Solusi Jika Terlanjur Pinjam Uang ke Rentenir

  • 6 Larangan Pengguna Kartu Kredit yang Patut Diketahui

You May Also Like

About the Author: admin