Pohon Buah Duku Kumpeh Kini Banyak Yang Mati

Duku Kumpeh Jambi Terkenal Manis Rasanya

Duku Kumpeh telah dikenal masyarakat luas, baik itu di Provinsi Jambi ataupun masyarat diluar Provinsi Jambi itu sendiri, seperti Jakarta dan sekitarnya. Sebab, rasa duku kumpeh yang dikenal manis serta memiliki tekstur kulit yang tipis. Alhasil, membuat siapapun yang mengkomsumsi buah ini bikin ketagihan lagi dan lagi.

Namun sangat disayangkan, berdasarkan pantauan kami memasuki kawasan Kabupaten Muaro Jambi di Desa Pudak lalu Desa Sakean dan sekitarnya nampak dengan jelas bahwa duku kumpeh banyak yang mati. Matinya duku kumpeh ini hampir menyeluruh diwilayah tersebut.

Informasinya, dari Kecamatan Kumpeh Ulu sampai Kecamatan Kumpeh Ilir, kebun duku milik masyarakat banyak yang mati. Entah itu apa sebabnya, yang pasti biasanya produksi duku kumpeh melimpah saat musim duku tiba, namun sekarang mulai menurun.

Jika dicermati, gejala kematian duku kumpeh ini, terus meluas dan menjangkau daerah – daerah pelosok. Penyebab pasti belum jelas, ada yang menyebut serangan jamur, ada yang bilang “merajuk”.

Gejala serangan, awalnya daun duku mulai menguning di beberapa ruas batangnya, namun seiring berjalannya waktu, serangan tersebut hampir menyeluruh lama kelamaan membuat daun di seluruh batang duku tersebut menguning dan mengering hingga akhirnya mati.

Menurut kacamata kami sebagai orang awam, bisa jadi duku duku di daerah Kumpeh Muaro Jambi ini kena serangan jamur akar putih, jamur akar putih ini juga sering menyerang tanaman karet dan tanaman sejenisnya.

Jika terkena serangan jamur akar putih ini, tanaman lama kelamaan akan mati. Dan ini bisa saja terjadi pada duku kumpeh yang kini banyak yang mati akibat serangan jamur tersebut.

Mudah-mudahan pemerintah setempat memiliki keseriusan dalam hal penanganan duku kumpeh ini, agar kelangsungan duku kumpeh tetap bertahan hingga masa-masa yang akan dating.  Tentunya, tidak hanya langkah pengobatan, akan tetapi yang terpenting adalah langkah pencegahan menyeluruh pada tanaman duku kumpeh. Sebab, duku kumpeh menjadi primadona diantara duku-duku lainnya. Yang terpenting dari semua itu adalah, meningkatnya perekonomian masyarat didaerah Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi hasil produksi dari buah duku tersebut.

You May Also Like

About the Author: admin