Mengenal Ikan Juaro Sungai Batanghari Jambi

Rasa Ikan Juaro Memang Juara

Ikan Juaro atau dikenal juga dengan patin juaro adalah salah satu ikan yang hidup diperairan Sungai Batanghari Provinsi Jambi, dari hulu hingga hilir. Meskipun mirip ikan Patin namun ikan Juaro memiliki ciri khas yang berbeda.

Ikan Juaro Hasil Tangkapan dari Sungai Batanghari dengan cara dipancing – infonyo.om

Dilangsir dalam lama Wikipedia.org, patin juaro atau ikan juaro dengan nama latin Pangasius polyuranodon merupakan ikan patin (Pangasiidae) yakni dari gen Pangasius yang tersebar disejumlah kawasan.

Berdasarkan data, ikan ini tercatat menyebar di sejumlah wilayah Sumatra, Jawa dan Kalimantan dan juga wilayah Sabah dan Serawak Malaysia.

[irp]

Di Jambi ikan ini sangat familiar terutama dibawah tahun 2000 an, sebab ikan ini sering didapatkan masyarakat disekitar Sungai Batanghari, entah itu dengan cara dipancing, pukat ataupun jala. Sebab ikan ini cukup menjadi primadona, karena dagingnya terbilang enak dan tidak banyak tulang alias duri dan populasinya saat itu terbilang banyak.

Dari bentuk fisik, warna ikan Juaro hampir sama dengan Ikan Patin memiliki warna silver keabuan, badan sedikit memanjang dan tubuh agak ramping. Sedangkan mata ikan Juaro agak besar dan mata Ikan Patin kecil. Dari sisi rasa dan tekstur, ikan Juaro teksturnya sedikit halus jika dibanding ikan patin, dan agak lemak.

Ikan Juaro atau patin Juaro sesuai dengan namanya Juaro atau Juara memang terkenal enak dan bisa diolah berbagai masakan, biasanya lebih enak dibakar atau dipanggang tampa bumbu bumbu, cukup diberi garam sudah enak. Apalagi kalo di masak gulai, tentu sangat nikmat dan rasa khas ikan alamnya sangat kentara.

Biasanya Ikan Juaro ini hidup diperairan dasar sungai dan makan apapun yang ada di sungai tersebut, sebab mulutnya yang besar sehingga apapun dimakan.

[irp]

Para pemancing biasanya menggunakan umpan tempe, tepung goreng atau roti untuk mendapatkan ikan Juaro tersebut, umpan tersebut dinilai cukup ampuh untuk menangkap ikan Juaro ini. Sebelum tahun 2000 an ukuran ikan Juaro yang ditangkap lumayan besar jarang sekali tertangkap yang kecil, ada yang 2 kilogram bahkan sampai 5 kilogram perekornya.

Harga jualnya lumayan tinggi, sebab ikan ikan sungai asli alam memang harganya lumayan tinggi, untuk saat ini saja dikisaran angka 50 – 100 ribu rupiah perkilogramnya tergantung kesegaran dan besar ikan tersebut.  

Bisa jadi populasi ikan ini berkurang seiring dengan semakin tercemarnya sungai Batanghari ataukah anakan ikan Juaro sering ditangkap sehingga populasinya makin sedikit. Ataukah semakin sedikitnya jamban di Sungai Batanghari membuat populasi ikan ini beerkurang, nah ini menjadi pertanyaan kita semua.

Itulah informasi singkat mengenai Ikan Juaro yang hidup diperairan Sungai Batanghari, sejak kecil ikan ini sering saya konsumsi dan rasanya cukup enak, namun kini mulai jarang karena sulit didapat.***

You May Also Like

About the Author: admin