Mengenal Ikan Arwana Khas Jambi Yang Kini Mulai Langka

Bagi pecinta ikan hias, Ikan Arwana sudah sangat familiar, sebab Ikan Arwana sudah menjadi salah satu ikan hias primadona yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia ataupun luar negeri. Ikan ini terbilang istimewa, sebab memiliki berbagai corak, motif, warna dan terlihat eklusif sesuai daerah asal masing masing.

Arwana Pino ( Istimewa )

Ikan Arwana Pino atau Arwana Silver salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari Indonesia, lebih spesifik lagi salah satu daerah asal Ikan Arwana Pino ini adalah Jambi, Sumatera.

Ikan Arwana Pino ini hidup diperairan Sungai Batanghari dan anak anak sungai hampir menyeluruh di daerah tersebut. Ikan Arwana Pino adalah salah satu varietas ikan Arwana yang memiliki warna dasar perak atau putih keabu-abuan dengan bintik-bintik hitam atau belang-belang kecil yang sering kali disebut sebagai “Pino.” Warna dan corak ikan Arwana Pino dapat bervariasi antara individu tapi lebih dominan silver kehijauan. Mereka termasuk dalam keluarga ikan Arwana Asian, yang meliputi beberapa jenis ikan Arwana yang berbeda.

[irp]

Namun keberadaan ikan arwana silver atau arwana pino ini mulai langka, dahulu populasi ikan arwana ini sangat banyak, ikan arwana silver sering didapati didaerah hulu Provinsi Jambi, di sungai sungai kecil yang memiliki arus deras. Ikan ini sering terkena pancingan ataupun perangkap ikan milik masyarakat yang berada di sungai sungai tersebut.

Namun ikan ini juga banyak peminat, sehingga banyak diburu untuk dijual. Selain itu, aspek perubahan kualiatas air yang telah banyak tercemar, membuat populasi ikan ini semakin sedikit, sehingga sangat sulit dijumpai.

Ikan arwana silver  memiliki nama latin (sclerophages formosus) saat ini bisa kita jumpai di kolam Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam (BPBAT) Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Disana ikan arwana silver ini telah dibudidaya dan ada juga yang dipasarkan ke sekitaran Kota Jambi dan sekitarnya.

[irp]

Biasanya setelah umur ikan sekitar dua hingga empat minggu, baru ikan ini dilepas atau dipasarkan. Meskipun harganya tidak semahal ikan red arwana dari Kalimantan. Ikan arwana silver atau arwana pino ini tetap diminati, apalagi bagi para pecinta ikan hias yang baru belajar memelihara ikan hias.

Untuk memelihara ikan arwana silver sangatlah mudah, hampir sama dengan ikan ikan arwana lain. Arwana silver saat masih kecil bisa diberi makanan anak anak ikan, disesuai dengan besarnya mulut ikan, bisa juga diberikan anakan jangkrik, pemberian pakan bisa sehari dua kali ataupun satu kali.

[irp]

Dipasaran harga ikan arwana silver memiliki rentang harga 300 ribuan hingga diatas satu juta rupiah, disesuaikan dengan besar dan kondisi ikan itu sendiri.

Jika dipelihara dengan baik, ikan arwana silver cepat sekali pertumbuhannya, sebab ikan ini sangat lahap saat makan dan tergolong lincah. Jika anda ingin mencoba memelihara ikan arwana tersebut tentu persiapkan tempat berupa akuarium, ditambah dengan filter air. Ikan ini lebih senang dengan kondisi air yang bersih.***

You May Also Like

About the Author: admin