Lima Model Penipuan Via Medsos Yang Wajib Anda Waspadai

Diantaranya Via Tiktok dan Whatsapp

Mengirimkan file voicenote nyatanya extension apk – infonyo.com

Kejahatan di media sosial terus mengintai siapa saja, saat ini tengah marak penipuan melalui media daring, anehnya banyak juga yang kena oleh tipuan tersebut. Ada beragam cara yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan ini, seperti dengan menyebarkan informasi yang menyesatkan kepada pengguna media sosial.

[irp]

Hampir semua akun media sosial mereka gunakan untuk melakukan penipuan, peretasan dan cara lainnya untuk merugikan orang lain dan menguntungkan diri mereka sendiri. Meskipun sebagian ada yang sudah tertangkap, namun anda tetap waspada dan berhati hati, sebab kejahatan seperti ini tidak akan habisnya.

Ada lima model penipuan yang tengah marak saat ini di media sosial dan cukup viral ditengah masyarakat, hanya dengan mengklik atau membuka apa yang mereka share, otomatis pelaku kejahatan ini bisa meretas atau mengakses akun milik korban, bahkan sampai ke akun mobile bankingpun bisa mereka akses.

Berikut ini kami paparkan lima model penipuan melalui media sosial yang patut kamu waspadai :

  • Mengirimkan pesan nama file voice note tapi extensionnya apk

Dalam kasus ini pelaku bertindak sebagai konsumen dropship dengan system cashless melalui whatsapp, tetapi berbeda dengan kenyataannya. Pelaku seolah olah mengirimkan pesan berupa pesan suara akan tetapi, itu adalah berupa file extensi berbentuk apk atau aplikasi sehingga jika yang menerima pesan tersebut  mengklik atau membuka apk ini, maka terjadilah peretasan ke ponsel milik korban.

Tipsnya, jangan sampai kamu mengklik atau membuka file yang dikirimkan oleh pelaku, abaikan saja dan hapus pesan tersebut, sebelum dihapus laporkan dan blokir nomor pelaku tersebut.

[irp]
  • Berbentuk Undangan Pernikahan

Jika kamu menerima undangan pernikahan dari nomor ponsel yang tidak dikenal nah wajib waspada, sebab bisa jadi itu adalah upaya penipuan ataupun peretasan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berupa file udangan pernikahan, tapi extensionnya apk – infonyo.com

Pesan tersebut berupa Dimohon Kehadirannya, tertulis undangan pernikahan, namun nyatanya itu adalah sebuah apk alias aplikasi untuk melancarkan aksi kejahatan.

Jika anda mendapati pesan berupa undangan tersebut, langsung hapus saja jangan sampai terklik. Jika terklik cepat cepat langsung anda keluar dan matikan data ponsel terlebih dahulu, lalu restart dengan segera. Jangan sampai proses aplikasi berjalan sempurna.

  • Berupa List Orderan dari Tiktok

Nah ini berbeda lagi, mereka mengirimkan berupa orderan palsu kepada siapapun, tentunya kepada pemilik usaha di ecommerce seperti Tiktok dan lainnya. Didalam pesan yang dikirimkan kepada sasaran mereka berupa List Orderan dengan file berbentuk pdf, namun nyatanya extensionnya adalah apk.

List Orderan Palsu dari Tiktok – infonyo.com

Nah sama halnya dengan penipuan lain berbentuk apk, jika anda membuka atau mengklik apk tersebut otomatis mereka bisa meretas ponsel anda dengan mudah dan melancarkan aksi kejahatan mereka.

  • Menggunakan Kode OTP

Dalam kasus ini pelakuk kejahatan siber, mengirimkan kode otp, OTP merupakan singkatan dari One-Time Password yang berarti password sementara alias password satu kali pakai yang biasa digunakan oleh perbankan, ecommerce dan pihak lainnya untuk menjaga keamanan pemilik akun. Mereka seolah olah memesan produk yang ada pada toko pemilik dengan meminta nomor whatsapp.

meminta kode otp – infonyo.com
[irp]

Biasanya mereka meminta nomor whatsapp lalu mengirimkan kode OTP tadi, dan meminta anda menyebutkan kode OTP tersebut atau mengirimkan kembali. Nah dari situ jika berhasil otomatis akun whatsapp anda akan beralih kepada pelaku tersebut.

  • Mengirimkan Surat Palsu

Bagi anda pelaku usaha online atau online shop di sejumlah ecommerce tanah air, harus tetap waspada. Sebab pelaku kejahatan ini tidak habis akal untuk melakukan kejahatan kepada siapa saja dan dimana saja. Seperti dengan mengirimkan surat palsu seolah olah resmi dari ecommerce tersebut, nyatanya bukan.

surat palsu meminta nomor whatsapp – infonyo.com

Permintaan mereka berupa nomor whatsapp dengan alasan tujuan konfirmasi, setelah dapat nomor whatsapp mereka akan menindaklanjuti, agar misi penipuan mereka berhasil.

Saran kami bagi siapa saja yang menggunakan media sosial, bijaklah dalam menggunakannya. Tentunya, anda harus tetap waspada dan berhati hati menyangkut pesan pesan yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal maupun yang dikenal. Bisa saja, nomor ponsel yang anda kenal atau anda simpan mereka sudah diretas oleh pelaku kejahatan tersebut dengan mengirimkan pesan berupa apk dan sejenisnya.***

You May Also Like

About the Author: admin