Ini Dia Tipe Fintech Yang Ada di Indonesia

INFONYO.COM – Meskipun telah hadir beberapa tahun lalu di Indonesia, kehadiran FinTech telah membantu masyarakat menyelesaikan berbagai masalah.

Hingga saat ini, pengguna FinTech masih tetap tinggi dan masih banyak peminatnya.

Ada beberapa jenis-jenis FinTech yang sedang berkembang dan memberikan solusi finansial

Crowdfunding

Crowdfunding atau penggalangan dana merupakan salah satu model FinTech yang sedang naik daun di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pesatnya teknologi, membuat masyarakat bisa menggalang dana dan berdonasi untuk program sosial yang mereka tangani.

Misalnya penggalangan dana untuk membangun Pesawat R80, yang desainnya oleh BJ Habibie. Salah satu contoh start-up FinTech dengan model crowdfunding tengah populer saat ini di Indonesia adalah KitaBisa.com

Microfinancing

Microfinancing merupakan salah satu layanan yang terdapat dalam FinTech. Disitu menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, dengan tujuan membantu kehidupan dan keuangan mereka sehari-hari.

Karena masyarakat dari golongan ekonomi ini, sebagian besar tidak memiliki akses ke institusi perbankan, maka mereka pun mengalami kesulitan untuk memperoleh modal usaha guna mengembangkan usaha atau mata pencaharian mereka.

Dalam hal ini, microfinancing berusaha menjembatani permasalahan tersebut dengan menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam.

You May Also Like

About the Author: admin