Ini Cara Ganti Seal Gear Supra X 125 Sendiri

Oli Terus Berkurang Tampak Ada Rembesan Wajib Ganti Seal

Seal Gear Motor Honda Supra X 125 yang udah layak diganti – infonyo.com

Pernahkah anda mengalami oli sepeda motor anda susut alias berkurang, padahal motor anda tidak ngasap serta tidak ada masalah pada mesin kendaraan anda. Anda wajib periksa dibagian gear atau persneling motor, bisa saja oli rembes pada bagian itu, sehingga menyebabkan oli motor anda terus berkurang, seperti motor Honda Supra X 125 ini.

Oli pada kendaraan bermotor adalah hal yang sangat vital, ibarat darah pada tubuh manusia, begitupula oli. Sehingga peran oli sangat menentukan kinerja suatu kendaraan.

[irp posts=”699″]

 Oli pada sepeda motor memiliki beberapa manfaat penting untuk menjaga kinerja mesin dan memperpanjang umur sepeda motor Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama oli pada sepeda motor:

  • Pelumasan Mesin

 Oli berfungsi sebagai pelumas utama untuk berbagai komponen dalam mesin sepeda motor, seperti piston, cincin piston, poros engkol, dan bearing. Adanya oli membantu mengurangi gesekan antara komponen-komponen tersebut, mencegah keausan berlebihan, dan menjaga mesin beroperasi dengan lancar sesuai dengan putaran mesin.

  • Pendinginan Mesin

Oli juga berkontribusi pada pendinginan mesin sepeda motor. Saat mesin beroperasi, suhu di dalamnya dapat meningkat secara signifikan. Oli mengambil panas dari komponen mesin yang panas dan membawanya ke tempat yang lebih dingin di dalam mesin atau ke radiator minyak, di mana panasnya dapat dibuang. Ini membantu mencegah mesin dari overheating.

  • Pembersihan Mesin

Manfaat lain dari oli adalah mengangkut partikel kotoran, debu, dan residu yang terbentuk selama pembakaran ke dalam filter oli. Dengan tujuan untuk membantu menjaga kebersihan mesin dan mencegah akumulasi deposit yang dapat mengganggu kinerja mesin.

[irp posts=”627″]
  • Perlindungan Terhadap Korosi

Sebanyak minyak pelumas, oli akan melindungi komponen mesin dari korosi atau karat. Oli membungkus permukaan logam dalam mesin dan mencegah kontak langsung dengan oksigen dan air, yang dapat menyebabkan korosi.

  • Penghematan Bahan Bakar

Oli yang baik, tentunya dapat membantu meningkatkan efisiensi mesin sepeda motor, yang pada gilirannya dapat menghemat bahan bakar. Mesin yang dilumasi dengan baik memiliki gesekan yang lebih rendah dan beroperasi dengan lebih efisien.

  • Memperpanjang Umur Mesin

Jika oli didalam mesin kendaraan terlumasi dan terjaga dengan baik, maka oli dapat membantu memperpanjang umur mesin sepeda motor Anda.

Penting juga dilakukan adalah untuk menjaga tingkat oli yang sesuai dan menggantinya secara teratur sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan sepeda motor Anda. Penggunaan oli yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja mesin sepeda motor Anda.

Cara mengganti seal gear atau seal persneling sepeda motor Honda Supra X 125

  • Siapkan kunci ring ukuran 10
  • Obeng min, palu, tang, kunci pas
  • Seal Gear baru

Yang terpenting adalah seal baru sebagai pengganti, anda bisa beli di bengkel resmi ataupun bengkel sparepart yang menjual seal Supra X 125, umumnya untuk motor bebek memiliki kesamaan.

Kebetulan yang saya beli merek Aspira harga seal 10 ribu rupiah, anda bisa juga membelinya di toko oren atau hijau, mungkin harga lebih murah atau mahal sedikit, pastikan bahwa produk yang ada beli asli, agar bertahan lama dan pas saat pemasangan.

[irp posts=”704″]

Tahapan :

  1. Buka persneling atau gear motor anda, dengan menggunakan kunci 10 tadi, buka secara perlahan. Jika sudah habis putaran bautnya, goyang goyang atau getok sedikit menggunakan palu agar bisa ditarik dan dilepas.
  2. Congkel seal gear atau seal persneling yang masih melekat di bodi motor tadi secara perlahan menggunakan obeng min. Jika terasa keras dan susah untuk mengeluarkannya, maka getok sedikit dibagian sisi karet, karena didalam karet terdapat ring kecil sebagai penahan.
  3. Setelah terbuka tarik perlahan keluar, lalu bersihkan area seal tadi, dengan menggunakan kuas yang diberi sedikit bensin, agar oli ataupun kotoran yang tersisa bersih.
  4. Masukkan seal gear yang baru, lapisi terlebih dahulu as gear tadi dengan menggunakan plastik, agar seal tidak lecet. Jika lecet tentu akan menyebabkan oli pada as gear tadi akan kembali rembes alias menetes.
  5. Getok secara perlahan disemua sisi menggunakan kunci pas, agar presisi dan rata. Jika sudah pas dan presisi, pedal gear siap dipasang kembali dengan menggunakan kunci ring 10 tadi.
Seal gear motor Honda supra x 125 – infonyo.com

Nah simpel bukan, cara bongkar dan pasang seal geal pada Honda Supra X 125, cara ini saya lakukan pertamakali, dengan melihat beberapa video di youtube. Memang praktek tidak segampang teori, dengan mencoba dan praktek, tentu anda akan tahu cara mengganti seal gear tersebut dengan tepat dan benar.

Pastikan setiap tahapan dilakukan secara perlahan dan hati hati, apalagi anda baru pertamakali mencoba untuk mengganti seal gear tersebut. Agar tangan anda tidak belepotan oli, baiknya menggunakan sarung tangan khusus. Jika sudah terbiasa, tanpa sarung tangan juga tidak mengapa.

[irp posts=”565″]

Yang pasti modal untuk mengganti seal gear tersebut hanya 10 ribu rupiah. Tentu akan menghemat pengeluaran anda, estimasi pengerjaan 15-30 menit, tergantung kerumitan saat membuka seal gear tadi, sebab yang mengerjakan bukan ahli, namun hanya amatiran.

Semoga informasi cara ganti seal gear motor Supra X 125 ini bermanfaat bagi anda, sebelum eksekusi pelajari dan perhatikan betul betul cara mengganti seal gear tadi, agar berhasil dengan sempurna, selamat mencoba.***

You May Also Like

About the Author: admin