Inilah Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Yang Perlu Diwaspadai

Memasuki musim kemarau ataupun curah hujan mulai jarang, membuat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kebakaran hutan dan lahan. Entah itu terbakar sendiri ataupun dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kabut Asap Mulai Melanda Kota Jambi dan Sekitaranya Senin (4/9/2023) – Infonyo.com

Ada sejumlah wilyaha di Indonesia yang kerap dilanda kebakaran hutan dan lahan serta mengakibatkan kabut tebal di sekitaran daerah yang terjadi kebarakan hutan dan lahan tersebut, diantaranya Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Pekanbaru dan sebagian besar wilayah di Pulau Kalimantan menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan kabut asap.

[irp]

Kabut asap dapat memiliki dampak serius pada kesehatan manusia. Dampaknya tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan polusi udara, durasi paparan, kondisi kesehatan individu, dan jenis partikel berbahaya dalam asap tersebut.

Kita saja yang dewasa sangat merasakan dampak akibat kabut asap yang mulai banyak, seperti halnya di Kota Jambi. Jika mulai ada kebakaran hutan dan lahan disekitar wilayah tersebut, mulai muncul asap dimana mana.

Kabut asap yang tersebar tentu membuat buruk bagi kesehatan,  Beberapa dampak kesehatan yang mungkin terjadi akibat paparan kabut asap diantaranya :

Dampak Buruk Kabut Asap

[irp]
  • Gangguan Saluran Pernapasan

Kabut asap sering mengandung partikel halus seperti PM2.5 (partikel debu berukuran kurang dari 2,5 mikrometer) yang dapat mencapai saluran pernapasan lebih dalam. Paparan jangka panjang dapat menyebabkan iritasi, batuk, pilek, dan mengganggu fungsi pernapasan normal. Orang dengan kondisi pernapasan seperti asma, bronkitis, atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) mungkin akan mengalami peningkatan gejala.

  • Masalah Jantung

Kabut asap yang terkontaminasi dengan polutan seperti karbon monoksida (CO) dan senyawa organik volatil (VOC) dapat meningkatkan risiko masalah jantung, termasuk peningkatan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah, dan risiko serangan jantung.

  • Gangguan Kesehatan Mata

Kabut asap dapat menyebabkan iritasi mata, mata merah, dan perasaan terbakar pada mata. Paparan yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah mata yang lebih serius.

  • Kesehatan Anak-Anak

Anak-anak, terutama yang masih dalam tahap perkembangan, lebih rentan terhadap dampak kabut asap. Paparan asap dapat mengganggu perkembangan paru-paru mereka dan meningkatkan risiko infeksi pernapasan.

[irp]
  • Risiko Kanker

Paparan jangka panjang terhadap polutan dalam asap dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kanker lainnya.

  • Masalah Kesehatan Mental

Kabut asap yang berkepanjangan dapat menyebabkan stres psikologis dan masalah kesehatan mental karena isolasi sosial dan perasaan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi udara yang buruk.

Hal yang penting dilakukan adalah tindakan pencegahan saat kabut asap muncul, seperti menggunakan masker pernapasan yang sesuai, menghindari kegiatan luar ruangan yang intensif secara fisik, dan menjaga kualitas udara dalam ruangan dengan menggunakan alat penghapus udara atau meninggalkan daerah yang terpapar kabut asap.

[irp]

Jika Anda mengalami gejala yang serius atau memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada, segera konsultasikan dengan profesional medis. Selain itu, pemerintah setempat biasanya memberikan pedoman dan peringatan kesehatan saat kabut asap terjadi, jadi selalu perhatikan informasi resmi dan langkah-langkah yang direkomendasikan untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari dampak kesehatan kabut asap.***.

  • 6 Tips Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran ke Kampung

    6 Tips Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran ke Kampung

    INFONYO – Mudik merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan jelang lebaran Idul Fitri atau hari besar lainnya. Mudik biasanya kembali ke kampung halaman, istilah lainnya kembali ke huluan dari daerah hilir. Perjalanan mudik tidak hanya menguras waktu dan…

  • 4 Alasan Kenapa Dianjurkan Menutup Wadah Makanan dan Minuman

    4 Alasan Kenapa Dianjurkan Menutup Wadah Makanan dan Minuman

    INFONYO.COM – Semua makanan dan minuman baiknya disimpan dengan baik agar tidak terjangkau oleh serangga, cicak dan hewan lainnya sehingga aman untuk dikonsumsi. Seperti dimasukkan ke kuklas atau lemari yang memiliki penutup, serta tudung saji atau tempat tertutup…

  • Ini Solusi Jika Terlanjur Pinjam Uang ke Rentenir

    Ini Solusi Jika Terlanjur Pinjam Uang ke Rentenir

    INFONYO.COM – Kebutuhan mendesak dan dengan cara instant, seperti ada anggota keluarga yang sakit, perbaikan kendaraan, biaya sekolah dan kebutuhan mendesak lainnya membuat orang kerap terjebak dengan cara meminjam uang kepada rentenir. Padahal perbuatan tersebut selain dilarang agama,…

You May Also Like

About the Author: admin