Cara Mengukur pH Media Tanam Dengan Alat Tes Digital

Cocok Untuk Pemula

Sebagai petani atau hobi bercocok tanam tentu anda harus mengerti cara mengukur tingkat keasaman media tanam yang ingin anda tanami nantinya. Supaya anda tahu tingkat kadar keasamaan media tanam agar tanaman tumbuh sempurna sesuai dengan yang kita harapkan.

Alat Cek pH Meter Digital Untuk Mengukur pH Media Tanam – infonyo.com

Tanaman itu butuh struktur unsur hara tanah yang ideal, sebab tumbuh dan berkembang tanaman juga ditentukan dengan kualitas media tanamannya. Standar tingkat keasamaan tanah yang dibutuhkan tanaman berkisar antara pH 5,5 hingga 6,5.

[irp]

Perlu anda ketahui pH adalah singkatan dari Potential of Hydrogen, dilangsir dari situs faperta.umsu.ac.id pH tanah adalah tingkat kebasaan atau keasamaan suatu benda diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Perlu diketahui bahwa skala pH ini sifatnya terbalik dimana tanah yang sangat masam mempunyai pH yang rendah disebut juga konsentrasi ion hidrogennya tinggi. Sebaliknya, nila pH tinggi atau basa maka konsentrasi ion hidrogennya menurun. Struktur tanah memiliki pH berkisar antara 3 hingga 10 bahkan lebih ataupun dibawahnya.

Untuk menggunakan pH meter digital sangatlah mudah, simpel dan mudah untuk dipraktikkan, berdasarkan pengalaman selain harganya yang murah, akurasi alat ini dinilai baik.

Kali ini kita menggunakan pH meter tanah digital yang berwarna hitam dengan layar kehijauan dengan menggunakan batre 9 volt, alat ini sudah bisa bekerja dengan baik. Ada tiga macam kegunaan alat ini, diantaranya intensitas cahaya, pH analisis, kelembaban dan temperature.

[irp]

Alat ini 4 in one soil analyzer banyak digunakan untuk mengukur pH, kelembaban, cahaya dan temperature. Baik digunakan untuk media tanam atau tanah, juga bisa pada sistem hidroponik metode fertigasi atau irigasi tetes, tanaman di polibek ataupun sistem bertani pada umumnya dengan sistem galangan, semua bisa dilakukan.

Spesifikasi pH Media Tanam Digital

  • Catu daya baterai kotak 9 volt
  • Otomatis off 5 menit
  • Suhu operasional berkisar antara +5 hingga +40
  • Dimensi produk 32 cm x 6 cm x 4 cm sehingga mudah dibawa
  • Panjang probe 20 cm

Untuk menghidupkannya :

  • Pastikan batre dan dayanya ada, anda tinggal menggeser tombol berwarna kuning dibelakang.
  • Setelah layar menyala dan menunjukkan angka pH misalnya 7.0 artinya alat siap digunakan
  • Lalu tancapkan ke media tanam atau tanah yang ingin anda cek tingkat pH nya, sekira 15-18 cm.
  • Tunggu beberapa saat alat ini akan mununjukkan hasil berupa angka, berapa pH yang ada pada media tanam.

Setelah anda mendapatkan hasil berapa pH tanah atau media tanam tersebut, jika pH tanah terlalu asam atau rendah, saran kami bisa dinormalkan dengan menggunakan kapur dolomit, yang dijual di toko toko pertanian.

Penggunaan kapur dolomit ini diseusaikan dengan jumlah luasan lahan atau media tanam anda, agar pemberiannya efektif dan efisien.

[irp]

Jika alat ini error, atau anda nilai hasilnya ngaco coba ulangi lagi atau matikan beberapa saat, lalu hidupkan lagi. Biasanya jika terjadi eror langkahnya seperti itu, dan kami buktikan berhasil.

Bagi anda yang baru menggunakan atau baru mencoba alat tes pH meter digital ini, baiknya membaca secara seksama petunjuk penggunaan, sebab tipe dan jenis alat ini berbeda beda sesuai dengan produksi dari pabrikannya.

Setelah digunakan pH meter ini bersihkan bagian probenya yakni bagian bawah yang lancip untuk ditancapkan ke tanah tersebut, agar menjaga alat pH meter tersebut awet dan bertahan lama lalu pastikan anda matikan dengan menggeser tombol on off yang ada dibagian belakang.

Saran kami untuk menghindari kerusakan elektroda, senantiasa bersihkan elektroda setelah digunakan, dengan menggunakan tisu atau kain lap bersih. Jangan menggunakan dalam tanah yang berbatu atau keras dengan cara memasukkan dengan paksa.

You May Also Like

About the Author: admin