Cara Mengobati Maagh Atau Asam Lambung dengan Kunyit

Pemakaian kunyit sebagai obat tradisional telah terjadi sejak zaman dahulu, hal itu sudah dilakukan oleh nenek moyang kita terdahulu. Sebab rempah yang satu ini memiliki peran penting dan sangat banyak manfaatnya selain menjadi bumbu sentral dalam sebuah masakan.

Tanaman Kunyit, Rimpangnya bisa Menjadi Obat Maagh atau Asam Lambung – Infonyo.com

Kunyit, atau turmeric dalam bahasa Inggris, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu meredakan masalah pencernaan, termasuk gangguan maag atau asam lambung.

Pemanfaatan kunyit dalam masakan sejatinya juga membantu mengobati masalah kesehatan pada tubuh seseorang, sehingga penggunaan kunyit hampir merata disemua masakan.

[irp]

Bahan bahan masakan yang berbahan bumbu bumbu alami sering dilakukan oleh orang terdahulu, misalnya Kakek saya sendiri. Semasa hidupnya sangat sering sekali bahkan hampir tiap hari masak dengan bahan yang salah satunya adalah kunyit, kendati demikian masakan tersebut tetap enak dan nikmat untuk disantap dan tentunya menyehatkan.

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan gejala maag.

Berikut adalah beberapa cara penggunaan kunyit untuk membantu meredakan maag atau asam lambung yang sering diderita oleh sejumlah masyarakat saat ini :

Kunyit Sebagai Obat Herbal Untuk Mengobati Asam Lambung

[irp]
  • Kunyit dalam makanan

 Anda dapat menambahkan kunyit sebagai bumbu dalam makanan sehari-hari Anda. Kunyit dapat digunakan dalam bentuk bubuk atau rimpang segar. Ini dapat membantu meredakan gejala maag secara alami.

Jika rutin mengkonsumsi kunyit dalam masakan, tentu akan membantu proses penyembuhan penyakit maagh atau asam lambung, tentu tidak dibarengi dengan bumbu yang berbahan kimiawi, sehingga tidak mengurangi atau merusak kandungan alami kunyit yang telah tercampur dengan masakan tersebut.

  • Minuman kunyit

Anda bisa membuat minuman kunyit dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat atau susu. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu atau jahe untuk rasa dan manfaat tambahan. Minum ini secara teratur dapat membantu meredakan gejala maag.

[irp]

Bisa juga dengan menjadikan kunyit sebagai bahan dasar jamu, bahkan jamu gendong yang biasa dikonsumsi yang tiap hari lewat didepan rumah anda itu juga baik untuk meringankan bahkan mengobati penyakit maagh atau asam lambung.

  • Kapsul kunyit

Saat ini dengan teknologi yang ada, kunyit sudah diekstrak atau sudah berbentuk bahan jadi, sehingga ada tidak perlu repot mengolah kunyit tersebut untuk dikonsumsi. Anda juga dapat mencari suplemen kapsul kunyit yang mengandung ekstrak kurkumin. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang ada pada kemasan atau konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

  • Teh kunyit

Teh kunyit adalah minuman lain yang dapat membantu meredakan masalah pencernaan. Anda bisa membuatnya dengan merebus irisan kunyit segar dalam air, atau menggunakan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit madu atau lemon untuk rasa.

Penting untuk anda ketahui dan menjadi penting sekali bahwa anda wajib menghindari makanan pencetus maag.  Selain menggunakan kunyit, penting juga untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat memperburuk gejala maag, seperti makanan pedas, berlemak, alkohol, dan kafein, pete, tempoyak, minuman bersoda, cuka dan makanan lain pencetus maagh atau asam lambung anda.

[irp]

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda daya tahan tubuhnya, dan apa yang dapat membantu satu individu mungkin tidak berlaku untuk yang lain. Jika gejala maag Anda tidak kunjung membaik atau bahkan memburuk setelah mencoba pengobatan rumahan ini, segera konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut dan saran pengobatan yang tepat.***

You May Also Like

About the Author: admin