Infonyo

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Terbukti Ampuh

Bau Amis pada Ikan susah dihilangkan

INFONYO.COM – Pernahkan anda saat makan ikan masih terasa amis di mulut ataupun dari sisi rasanya juga sama, bukan anda saja, saya juga pernah merasakan hal yang sama. Bisa saja hal ini terjadi pada siapapun yang suka menyantap ikan, yang masih terasa bau amis atau rasa amis pada ikan yang anda makan.

Jika dalam mengolah ikan kurang tepat, maka bau amis pada ikan masih kerasa di mulut. Kondisi ini sungguh tidaklah mengenakan, sebab bukannya makan dengan lahap, melainkan selera makan jadi hilang akibat bau amis tersebut.

Sejumlah tips atau cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan perlu anda coba dirumah, sebab teknik ini sudah banyak dilakukan dan terbukti ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

[irp]

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan diantaranya :

  1. Gunakan Jeruk Nipis / Lemon

Penggunaan Jeruk nipis atau lemon sangatlah dianjurkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, cara ini terbilang ampuh. Dengan cara merendam ikan yang sudah dibersihkan dengan perasan air jeruk nipis atau lemon, asam pada jeruk nipis atau lemon tadi mampu menghilangkan bau amis pada ikan.

Ini merupakan cara alami yang telah dilakukan oleh orang jaman dulu, asam yang mereka gunakan untuk menghilangkan bau amis  pada ikan dengan perasan jeruk nipis.

Jeruk nipis juga bisa digunakan bersamaan dengan masakan, dengan tujuan selain penghilang bau amis juga membuat masakan makin legit dan enak.

[irp]

Belimbing sayur adalah belimbing yang kerap digunakan untuk sayur asam dan sayuran lainnya, namun belimbing sayur ini juga baik untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, belimbing sayur juga kerap dimasak bersama ikan, agar rasa yang dihasilkan dari masakan tersebut lebih kerasa legit dan enak.

Penggunaan belimbing sayur untuk menghilangkan bau amis pada ikan hampir sama dengan penggunaan jeruk nipis. Hanya saja belimbing sayur ini butuh beberapa buah, jika ukurannya kecil. Baiknya menggunakan belimbing sayur yang udah matang atau sudah besar, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Penggunaan Asam Jawa untuk menghilangkan bau amis pada ikan sudah menjadi kebiasaan hampir masyarakat di Indonesia. Sebab asam jawa banyak ditemui dan mudah didapatkan, juga harganya terbilang murah, sehingga asam jawa banyak digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan yang ingin di masak.

[irp]

Khusus untuk asam jawa, baiknya digunakan untuk ikan yang ingin digoreng atau sebelum dimasak. Rata-rata ikan yang direndam menggunakan asam jawa, tampilannya sedikit gelap atau kecoklatan saat digoreng, ini merupakan dari efek asam jawa itu sendiri.

Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, namun penggunaan garam ini bisa dipadukan dengan perasan jeruk nipis, belimbing sayur ataupun asam jawa. Sebab jika hanya garam yang digunakan untuk menghilangkan bau amis tidak begitu signifikan.

Akan tetapi jika dipadukan dengan bahan lain seperti yang disebutkan tadi, tentu hasilnya akan memuaskan, bau amis menghilang. Efek garam lebih dominan ke rasa asin pada ikan, sehingga ikut menekan rasa atau bau amis pada ikan itu sendiri.

[irp]

Caranya dengan membalurkan garam ke ikan, terutama dibagian perut dan insang. Usahakan balur menyeluruh, dengan menggunakan garam secukupnya, agar ikan tidak ke asinan.

Ada sebagian orang menggunakan mentimun untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Sebab kandungan mentimun juga mampu menetralkan rasa amis pada ikan. Caranya cukup parutkan mentimun, lalu balurkan ke ikan sekitar 20-30 menit.

Penggunaan bawang putih untuk menghilangkan bau amis pada ikan juga lazim dilakukan, sebab senyawa yang terkandung didalam bawang putih mampu menekan bau amis pada ikan.

[irp]

Caranya parut bawang putih secukupnya, lalu balurkan ke seluruh tubuh ikan dan biarkan 20-30 menit, bau amis pada ikan akan menghilang.

Rimpang Jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan, hanya saja biasanya jahe dipadukan dengan bumbu lain, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Ketumbar adalah salah satu bumbu masakan, ketumbar juga sering dijadikan sebagai penghilang bau amis pada ikan, terutama ikan lele. Tentunya ketumbar digabung dengan bumbu lain seperti bawang putih, garam dan perasan jeruk nipis.

[irp]

Itulah tips atau cara menghilangkan bau amis pada ikan, semoga tips ini bermanfaat untuk pembaca infonyo dot com.***

Exit mobile version