Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Terbukti Ampuh

  • Asam Jawa

Penggunaan Asam Jawa untuk menghilangkan bau amis pada ikan sudah menjadi kebiasaan hampir masyarakat di Indonesia. Sebab asam jawa banyak ditemui dan mudah didapatkan, juga harganya terbilang murah, sehingga asam jawa banyak digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan yang ingin di masak.

[irp]

Khusus untuk asam jawa, baiknya digunakan untuk ikan yang ingin digoreng atau sebelum dimasak. Rata-rata ikan yang direndam menggunakan asam jawa, tampilannya sedikit gelap atau kecoklatan saat digoreng, ini merupakan dari efek asam jawa itu sendiri.

  • Garam

Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, namun penggunaan garam ini bisa dipadukan dengan perasan jeruk nipis, belimbing sayur ataupun asam jawa. Sebab jika hanya garam yang digunakan untuk menghilangkan bau amis tidak begitu signifikan.

Akan tetapi jika dipadukan dengan bahan lain seperti yang disebutkan tadi, tentu hasilnya akan memuaskan, bau amis menghilang. Efek garam lebih dominan ke rasa asin pada ikan, sehingga ikut menekan rasa atau bau amis pada ikan itu sendiri.

[irp]

Caranya dengan membalurkan garam ke ikan, terutama dibagian perut dan insang. Usahakan balur menyeluruh, dengan menggunakan garam secukupnya, agar ikan tidak ke asinan.

  • Mentimun

Ada sebagian orang menggunakan mentimun untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Sebab kandungan mentimun juga mampu menetralkan rasa amis pada ikan. Caranya cukup parutkan mentimun, lalu balurkan ke ikan sekitar 20-30 menit.

  • Bawang Putih

Penggunaan bawang putih untuk menghilangkan bau amis pada ikan juga lazim dilakukan, sebab senyawa yang terkandung didalam bawang putih mampu menekan bau amis pada ikan.

[irp]

Caranya parut bawang putih secukupnya, lalu balurkan ke seluruh tubuh ikan dan biarkan 20-30 menit, bau amis pada ikan akan menghilang.

  • Jahe

Rimpang Jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan, hanya saja biasanya jahe dipadukan dengan bumbu lain, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

You May Also Like

About the Author: admin