Cara Memperbaiki On Off  Mode Remote AC Sharp Error

Air Conditioner ( AC ) atau pendingin udara fungsinya saat ini sangatlah berguna, apalagi ditengah cuaca yang begitu panas, sehingga manfaat AC sangat penting untuk mengatur suhu ruangan agar tidak kepanasan dan mandi keringat. Dari berbagai merek AC atau pendingin udara, salah satu merek AC yang kerap dipakai adalah AC Sharp.

Kenapa Banyak Orang Menggunakan AC Sharp, salah satu alasannya adalah AC Sharp sudah dilengkapi dengan Plasmacluster dan juga dinilai cukup irit untuk penggunaan daya listrik. Untuk hemat listrik, tentunya disesuaikan dengan mode dan lamanya penggunaan AC tersebut.

Namun kendala sering muncul pada remote AC Sharp ini ataupun jenis remote AC lainnya, seperti tombol pada remote kadang berfungsi kadang tidak. Tentunya hal ini bikin jengkel, apalagi pada saat mau digunakan remote tidak berfungsi.

tombol remote ac sharp suka macet bisa diperbaiki – infonyo.com

Solusi on off mode remote AC Sharp macet

Berikut ini solusi jika tombol on off dan mode remote AC sharp kadang error seperti kadang berfungsi kadang tidak.

  • Cek Baterai

Pastikan baterai masih oke alias tidak drop atau habis

  • Tes Tekan Tombol Lain

Coba tes tekan tombol lain pada remote tersebut jika tombol on off atau mode bermasalah, seperti menekan tombol timer on atau off. Jika tombol lain tersebut berfungsi, artinya bisa jadi tombol on off dan mode kotor atau rusak.

  • Lakukan pembongkaran

Untuk membuka cover remote AC Sharp lakukan secara perlahan, dengan membuka baut yang ada di posisi belakang remote. Sebelum dibongkar, copot terlebih dahulu batre untuk mempermudah pekerjaan anda.

Buka dengan menggunakan obeng kembang ukuran kecil, agar ujung obeng bisa masuk ke dalam ruang untuk membuka baut yang terdiri dari 5 posisi.

  • Lepaskan cover belakang

Setelah baut terlepas sempurna, lakukan pembukaan cover secara perlahan.

  • Angkat pcb

Selanjutnya angkat pcb remote AC Sharp tadi secara perlahan bisa dimulai dari depan atau bagian belakang, nah disitu tampak elemen tombol remote AC Sharp.

  • Lakukan Pembersihan

Anda bisa menggunakan tissue atau kapan bisa dibasahi dengan alkohol atau contact cleaner atau cairan khusus lain pembersih kerak pada elemen elektronik. Usaplah atau lap secara perlahan agar elemen pada pcb remote AC Sharp tersebut tidak rusak atau tergores.

  • Teliti Lagi

Jika sudah tampak bersih dan bebas dari kotoran, lakukan pemasangan ke posisi semula. Tutup kembali cover belakang remote AC Sharp tersebut, pastikan presisi dan tidak ada yang longgar atau terlepas.

  • Lakukan Tes

Sebelum dipasang kembali baut pada remote tersebut, pastikan anda uji coba dulu alias testing pekerjaan anda, tentunya dengan memasang kembali batre yang sudah dilepas. Jika remote kembali berfungsi tombol on off dan mode, artinya pekerjaan anda berhasil dan baut siap dipasang kembali.

  • Selesai

Lihat kembali baut yang anda pasang, apakah sudah terpasang semua, dan remote kembali seperti semula. Artinya remote AC Sharp ini siap kembali digunakan seperti semua.

Untuk kasus remote on off dan mode sering error seperti ini, bisa diterapkan pada semua remote, entah itu remote AC, TV, Set top box atau apapun alat elektronik yang menggunakan remote bisa diterapkan.  Cara membersihkan element remote ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tentunya dengan ekstra hati-hati agar remote yang anda bersihkan tidak rusak, bukannya memperbaiki eh malah bikin rusak.

Usia pemakaian dan banyaknya debu dirumah anda, juga mempengaruhi element yang ada didalam remote, bisa saja debu dengan partikel halus ini masuk ke sela atau bagian yang ada didalam remote. Oleh sebab itu, anda harus jeli dan rutin untuk membersihkan permukaan ataupun bagian dalam remote tersebut.

Untuk mencegah hal yang tidak diingingkan pada remote, seperti terjatuh, terhempas atau hal lainnya. Pastikan jauhkan dari jangkauan anak anak anda, serti simpanlah ditempat yang sedikit tinggi, agar tidak bisa dijangkau. Lalu pastikan batre rutin diganti, jika tidak digunakan agar dilepaskan, sebab beberapa batre jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama sering berair dan membuat elemen remot menjadi rusak, untuk itu anda harus rutin cek dan ricek.

You May Also Like

About the Author: admin