Cara Memilih Ikan Gabus Dipasar Agar Tidak Tertipu

Hindari Ikan Hasil Dari Penyetruman

Ikan gabus alam memang rasanya lezat – ( Source ; google.com)

Bagi anda yang sering mengkonsumsi ikan gabus agaknya perlu berhati hati dan sedikit cermat. Sebab ikan gabus yang dijual dipasaran didapat dari alam dengan berbagai macam cara, ada yang baik dan ada cara yang kurang sehat.

Ada dengan teknik memancing, menjala, pukat atau menggunakan alat tangkap yang lain, namun ada juga hasil dari penyetruman ikan, tentu kegiatan menangkap ikan dengan cara tersebut merusak alam dan bibit ikan lainnya, ikan yang didapatnya juga tidak berasa nikmat lagi sebagaimana hasil tangkapan dengan menggunakan alat tangkap yang tidak merusak, bahkan ada yang bilang ikannya tidak manis lagi.

Dalam hal membeli ikan gabus yang baik memerlukan perhatian khusus agar Anda mendapatkan ikan yang segar dan berkualitas. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih ikan gabus yang baik:

Lihat Keadaan Fisik Ikan

Pastikan ikan gabus memiliki kulit yang bersih, cerah, licin, dan tidak berlendir.

Perhatikan warna kulit ikan gabus. Biasanya, ikan gabus memiliki warna abu-abu atau cokelat keabu-abuan yang cerah.

Pastikan mata ikan gabus bening dan tidak keruh.

Perhatikan Bau Ikan

Bau ikan gabus yang segar seharusnya tidak berbau amis atau amis yang kuat. Ikan gabus yang segar biasanya memiliki bau yang segar dan sedikit beraroma lumpur. Untuk yang hidup, kondisi ikan yang lincah dan agresif, biasanya ikan gabus hasil setrum ikannya loyo dan kurang lincah, karena energi dan darahnya terkuras karena diestrum.

Pilih Ikan Gabus yang Beratnya Pas

Ikan gabus yang berkualitas sebaiknya beratnya pas atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Ikan yang terlalu berat mungkin sudah terlalu tua dan dagingnya menjadi keras, sementara ikan yang terlalu ringan mungkin tidak memiliki daging yang cukup.

Pertimbangkan Sumbernya

Lebih baik membeli ikan gabus dari toko ikan atau pasar yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam menjual ikan segar. Anda bisa melihat kondisi ikan dipasaran, serta penjualnya memberikan info jujur atau tidak tentang ikan yang dijual.

Ikan gabus masih jadi ikan unggulan – ( source : google.com)

Jika memungkinkan, tanyakan kepada penjual tentang asal usul ikan tersebut. Ikan yang berasal dari sumber yang terjaga kualitasnya lebih baik. Sehingga diolah menjadi masakan apapun ikan tersebut akan enak dan nikmat.

Cek Kualitas Daging

Jika Anda memungkinkan, periksa tekstur daging ikan gabus dengan menekannya perlahan. Dagingnya seharusnya elastis dan kembali ke bentuk semula ketika ditekan, ini berlaku khusus untuk ikan yang sudah mati.

Perhatikan Kebersihan Penyimpanan

Pastikan ikan gabus disimpan dalam suhu dingin atau beku, tergantung pada preferensi Anda. Pastikan ikan disimpan dalam keadaan bersih dan terhindar dari kontaminasi lainnya.

Jangan Lupa tentang Musim

Musim tertentu mungkin lebih baik untuk membeli ikan gabus daripada yang lain. Misalnya, musim hujan mungkin tidak cocok untuk membeli ikan gabus karena airnya keruh, dan lagi harga ikan yang relatif mahal sebab para penangkap akan sulit mendapatkan ikan gabus tersebut.

Tanyakan kepada Ahli

Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada penjual ikan atau ahli yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan saran dan panduan lebih lanjut tentang cara memilih ikan gabus yang baik.

Ingatlah bahwa membeli ikan segar adalah kunci untuk mendapatkan rasa terbaik dan kualitas gizi yang optimal. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa ikan gabus yang Anda beli adalah yang terbaik untuk hidangan Anda.***

You May Also Like

About the Author: admin