Cara Daftar Bayi Baru Lahir ke BPJS Kesehatan

Dapat Jaminan Kesehatan dari BPJS Kesehatan

INFONYO.COM – Bagi keluarga muda yang baru memiliki anak, tentu bingung bagaimana cara mendaftarkan bayi yang baru lahir ke Badan Pengaman Jaringan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ternyata bayi yang baru lahir sudah bisa di daftarkan BPJS Kesehatan, agar mendapat fasilitas jaminan kesehatan dari pemerintah.

Bayi baru lahir merupakan dari Peserta JKN-KIS wajib didaftarkan, kepada BPJS Kesehatan dan membayar iuran paling lambat 28 hari sejak dilahirkan.

[irp]

Status bayi baru lahir tersebut akan aktif setelah dilakukan pembayaran iuran.

Bayi baru lahir yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN KIS, dan wajib melakukan pemutakhiran data NIK Pada Dukcapil, paling lambat 3 bulan sejak dilahirkan.

Untuk pendaftaran bayi yang berusia lebih dari 3 bulan wajib memiliki NIK yang terdaftar pada Dukcapil.

[irp]

Peserta yang tidak mendaftar dan membayar iuran bayi baru lahir paling lama 28 hari sejak dilahirkan, maka akan  dikenakan kewajiban membayar iuran sejak bayi dilahirkan. Selanjutnya dikenakan sanksi sebagaimana sanksi atas keterlambatan pembayaran iuran.

Mekanisme administrasi pendaftaran bayi baru lahir sebagai peserta JKN-KIS, yang mengacu pada ketentuan masing-masing jenis kepesertaan yaitu:

[irp]

– Peserta PBI Jaminan Kesehatan

Bayi yang dilahirkan oleh Ibu Kandung, yang telah terdaftar sebagai peserta PBI JK, maka otomatis ditetapkan sebagai peserta PBI JK sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

You May Also Like

About the Author: admin