Cara Cepat Mengatasi Ketulangan Duri Ikan Di Tenggorokan

Ketulangan duri ikan kerap sekali terjadi pada saat mengkonsumsi ikan, terlebih ikan yang dikonsumsi merupakan ikan yang memiliki banyak duri. Ketulangan duri ikan sering terjadi pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan pada orang dewasa.

Sebagai penyuka makan ikan, baiknya anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsi ikan. Sebab, jika ikan yang kurang baik pengolahannya, kerap membuat ketulangan dari duri ikan yang kita santap. Khusus untuk anak-anak, baiknya diawasi betul oleh orang tuanya, jangan sampai anak-anak yang tengah mengkonsumsi ikan itu ketulangan. Khawatirnya, akan menjadi trauma tersendiri pada anak-anak ketika mereka makan ikan terjadi ketulangan duri ikan, sehingga kedepannya tidak mau lagi makan ikan, padahal baik untuk kecerdasan otak.

[irp]

Ada Beberapa Cara untuk Menghilangkan Ketulangan Duri Ikan :

  1. Minum Air Putih

Tahapan pertama jika terjadi ketulangan duri ikan, janganlah panik dan tetap tenang, baiknya langsung minum air putih. Jika kondisinya tidak parah, biasanya duri ikan yang nyangkut di tenggorokan langsung luruh, sebelum minum jangan lupa baca doa.  

Selain minum air putih secara langsung, hal lain yang bisa dilakukan adalah denga berkumur diarea tenggorokan,  tindakan ini bertujuan untuk menghilangkan duri ikan yang masih menempel di tenggorokan.  

  • Makan Nasi Kepal

Berdasarkan pengalaman pribadi, jika terjadi ketulangan duri ikan maka yang saya lakukan adalah dengan cara membuat nasi kepal, disesuaikan dengan ukuran tenggorakan anda, jangan terlalu besar sebab akan menyulitkan anda untuk menelan.

[irp]

Lakukan dengan ukuran kecil terlebih dahulu, biasanya duri ikan akan ikut terdorong bersamaan dengan nasi kepal yang anda makan tadi. Cara ini terbilang ampuh untuk menghilangkan ketulangan duri ikan, dan sering dilakukan setiap kali terjadi ketulangan.

  • Makan Pisang

Sebenarnya tidak harus makan pisang, akan tetapi makan buah lain yang sedikit padat teksturnya juga membantu untuk meluruhkan duri ikan di tenggorokan. Namun sebagian orang lebih muda untuk mengkonsumsi pisang ataupun selalu tersedia, sehingga pisang lebih sering digunakan untuk menghilangkan ketulangan duri ikan tadi.  

  • Konsultasi ke Dokter

Setelah berbagai macam cara dicoba untuk menghilangkan ketulangan duri ikan tidak berhasil. Langkah terakhir adalah dengan berkonsultasi langsung dengan dokter, terkait kondisi ketulangan duri ikan yang anda alami. Bisa saja posisi duri ikan yang anda alami, menempel kuat di dinding tenggorokan anda sehingga sulit untuk lepas dengan sendirinya, jadi butuh penangangan khusus.

[irp]

Tips bagi anda yang mengalami ketulangan duri ikan, baiknya dilakukan langkah cepat, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Khawatirnya duri ikan menusuk di area tenggorokan, sehingga membuat rasa tidak nyaman jika dibiarkan begitu saja. Namun ada beberapa kasus ketulangan duri ikan bisa menghilang dengan sendirinya, bisa saja karena beberapa faktor, diantaranya makanan yang di makan, dari makanan tersebut bisa mendorong duri ikan lepas dari tenggorokan.

You May Also Like

About the Author: admin