Cara Bikin Ramuan Jahe Merah Untuk Atasi Masuk Angin

Jahe merupakan rempah-rempah yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu. Jahe merah berbeda dengan jahe putih umumnya, jahe merah memiliki rasa pedas yang lebih dibandingkan jahe putih biasa, oleh sebab itu jahe merah juga banyak digunakan sebagai rempah dan ramuan herbal masyarakat Indonesia.

Jahe merah merupakan salah satu tanaman herbal alias toga dengan ciri khas akar berbentuk rumpun dan daging berwarna merah muda.

BACA JUGA

Jahe merah merupakan salah satu tanaman rimpang dengan daging berwarna merah muda kecoklatan. Sejumlah khasiat dari jahe merah antara lain meningkatkan stamina, meredakan sakit, hingga mendukung imunitas tubuh.

Adapun kandungan yang terdapat didalam jahe merah adalah :

Jahe merah memiliki Karbohidrat sekitar 50 sampai 70 persen. Sedangkan Lemak sekitar 3 sampai 8 persen.

Namun jahe merah memiliki kandungan terpenoid yang terdiri dari zingiberene, alpha-farnesene, beta-sesquiphellandrene beta-bisabolene, , dan alpha-curcumene.

Sementara itu, jahe merah juga memiliki antioksidan fenolik berupa gingerol, paradol, dan shogaol sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Selain dari sejumlah kandungan penting diatas, jahe merah juga mengandung  senyawa penting lainnya, diantaranya zingerol, capsaicin, cineole, caprylic acid, aspartic, linolenic acid, dan gingerdione.

Dan jahe merah juga mengandung beragam vitamin yang sangat baik untuk tubuh, seperti vitamin B2, B3, B6, dan B9, dan kandungan mineral pentingnya termasuk kalium, zat besi, fosfor, zink, dan magnesium.

Jahe merah sendiri memiliki aroma khas tersendiri, sebagai aromatherapy, karena mengandung minyak atsiri, shogaol, dan gingerol.  Hebatnya lagi, jahe ini juga memiliki kandungan minyak atsiri lebih tinggi ketimbang jahe putih biasa, karena rasanya lebih pedas ketimbang jahe biasa.

BACA JUGA  Cara Membuat Teh Bunga Telang Segar Praktis Tinggal Seduh

Untuk meredakan atau mengobati masuk angin, caranya cukup mudah.

Bahan-bahan sebagai berikut :

  1. 2 ruas jahe merah tua yang sudah bersih
  2. Gula merah atau gula aren 50 gram
  3. Air 300 ml

Iris tipis-tipis jahe merah tersebut, atau diparut bisa juga diblender.

Setelah itu, rebus jahe merah bersamaan gula merah dan air, biarkan sampai mendidih

Setelah mendidih biarkan sampai air menyusut sekira 200 -250 ml air atau setara satu gelas.

Jika sudah menyusut, matikan api dan biarkan agak sedikit dingin.

Tuangkan air rebusan jahe merah tersebut kedalam satu gelas, bisa langsung. Atau anda bisa saring menggunakan saringan, agar ampas jahe merah dan gula merah tidak ikut masuk.

Ramuan jahe merah dan gula merah siap dikonsumsi.

Lakukan secara rutin pagi dan sore hari, masuk angin langsung minggat. Dengan mengkonsumsi secara rutin, juga akan meningkatkan imunitas tubuh.

Selamat mencoba.***

  • Cara Mudah Top Up Kuota Telkomsel Orbit

  • ASUS Zenbook Duo UX8406MA Laptop Buat Para Editor Video

  • Kenali Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

  • Samsung Galaxy Z Fold 6 Resmi Hadir di Indonesia

You May Also Like

About the Author: admin