Cara Beli Kartu e-Toll untuk Pembayaran Tol non Tunai


INFONYO.COM – Hingga saat ini pembangunan jalan tol di sebagian wilayah di Indonesia masih terus dilakukan, lantas untuk menggunakan jalan tol tersebut selain membayar dengan tunai atau cash, perlu kartu e-Toll yang digunakan untuk membayar jalan tol.


Penggunaan kartu e-Toll merupakan hal yang sangat penting, sebab penggunaan kartu e-Toll untuk membayar tol akan lebih cepat dilakukan, apalagi dengan cara ngetap pada layar tersebut.
Untuk di Sumatera, sejumlah ruas jalan tol tersebut ada yang sudah dioperasikan dan ada juga yang belum, masih tahap pengerjaan. Seperti Jalan Tol Jambi, Jalan Tol Rengat dan daerah-daerah lain di Pulau Sumatera masih berproses.

Fungsi Kartu e-Toll

Dari laman resmi bpjt.pu.go.id, e-Toll adalah kartu elektronik yang umum digunakan non-tunai saat menggunakan jalan tol di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, kartu ini berisi saldo uang elektronik yang telah diisi sebelumnya, dengan menggunakan kartu e-Toll ini nantinya dapat mengurangi kemacetan di gerbang tol otomatis karena proses tap hanya membutuhkan sekitar 4 detik setiap kendaraan.

Oleh sebab itu, jika anda ingin bepergian dengan melewati jalan tol wajib membawa atau menggunakan kartu e-Toll, agar perjalanan anda lancar.

Apa yang Dimaksud kartu e-Toll

Yang dimaksud e-Toll adalah sebuah kartu yang digunakan oleh pengendara khususnya roda empat, kartu ini nantinya digunakan untuk membayar biaya masuk tol di seluruh Indonesia.
Kartu e-Toll dinilai lebih praktis sebab melakukan pembayaran secara non tunai, selain untuk tol, kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar jika naik KRL, parkir, transjakarta dan transaksi belajar di minimarket.

Jika ingin menggunakan kartu e-Toll anda dapat dengan mudah ditemui disejumlah tempat berikut ini, dan anda langsung bisa membelinya.

BACA JUGA  Tiga Kode Rahasia Ponsel Yang Perlu Diketahui

Berikut ini kami sampaikan sejumlah kartu elektronik yang tersedia sekaligus penerbitnya.

e-Money (Mandiri)
Flazz (BCA)
Indomaret card (Indomaret)
JakCard (Bank DKI)
BTN Blink (BTN)
Tap Cash (BNI)
Brizzi (BRI)

Anda dapat membeli kartu e-Toll ke sejumlah tempat berikut:

Minimarket

Ada banyak bertebaran mini market di tanah air, nah anda bisa membeli Kartu e-Toll digerai mini market seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Circle K. Pembelian e-Toll dapat dilakukan di kasir serta ketersediaan kartu dapat ditanyakan disana.

Bank yang menjual E-Money

Ada sejumlah bank yang menjual e-Money, e-Toll dapat dilakukan melalui bank tersebut, seperti seperti BCA, BRI, BNI, BTN, dan Mandiri. Dengan cara mendatangi langsung bank tersebut, lalu beli lah e-Toll disana.

E-commerce

Pesatnya perkembangan e-commerce di tanah air, kartu e-Toll dapat dibeli disejumlah e-commerce tanah air, sebab kartu e-Toll dijual disana. Shopee, Lazada, Tokopedia, BukaLapak, dan lainnya.
Jika ingin membeli e-Toll melalui online, pastikan tanya terlebih dahulu dengan penjual, biasanya kartu yang dijual tidak ada saldonya sama sekali.

    Top Up kartu e-Toll di Mana?

    Kartu e-Toll jika digunakan terus menerus tentu saldonya akan berkurang, dan lama kelamaan akan habis. Oleh sebab itu, para pengguna e-Toll wajib tahu bagaimana cara mengisi atau top up kartu e-Tol jika isinya habis.

    Berdasarkan pengalaman kami, jika ingin bepergian jauh atau menggunakan jalan tol baiknya dipersiapkan terlebih dahulu kartu e-Toll dalam keadaan terisi.*

    sumber bpjt.pu.go.id

    You May Also Like

    About the Author: admin