Cara Ampuh Mengobati Jamur untuk Tanaman Lada

Tanaman Lada Tampak Subur bebas penyakit

Sebagai seorang petani lada, mungkin anda pernah melihat atau mengalami sendiri tanaman lada yang ada tanaman mengalami layu atau menguning diserang jamur, yang lama kelamaan tanaman lada tersebut mati dengan sedirinya.

Belum lama ini, saya diminta oleh seorang petani lada di kawasan Provinsi Jambi untuk melihat kebun lada miliknya, meskipun luas lahannya tidak banyak, serta jumlah rumpun tanaman ladanya terbilang sedikit, tapi keberadaan tanaman lada di Provinsi Jambi patut diapresiasi.

Karena, Jambi bukan termasuk wilayah unggulan penghasil lada di Indonesia. Namun beberapa kawasan didaerah ini, sudah ada yang membudidayakan tanaman lada.

[irp]

Setelah melihat langsung tanaman lada tersebut, hampir sekitar 40 persen dari luasan lahan yang ditanam, banyak tanaman lada yang menguning, dilihat dari daun serta batangnya. Selain itu, pertumbuhannya juga terbilang tidak signifikan alias gencet.

Tidak sampai disitu, setelah saya amati dan cermati,  dilanjutkan dengan mencabut beberapa batang lada yang ditanam. Ternyata perakaran sudah mengering, tampak terlihat jamur yang menghinggapi akar dari lada tersebut.

You May Also Like

About the Author: admin