Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Pada Pakaian

Jamur yang muncul pada pakaian membuat kita penggunanya sangat gerah dan kurang nyaman. Sebab, pakaian tersebut melekat pada tubuh sedangkan pakaian yang dikenakan ada jamurnya, padahal pakaian tersebut belumlah lama dibeli.

Jamur pada pakaian bisa dihilangkan – infonyo.com

Untuk itu, jamur pada pakaian haruslah dihilangkan agar tidak memiliki dampak buruk terhadap kulit bagi penggunanya. Dampak yang ditimbulkan bisa saja terjadi alergi pada kulit maupun iritasi, jika ini dibiarkan tentu saja akan memperparah kondisi tubuh di pengguna.

Jamur yang terjadi pada pakaian bisa saja terjadi pada semua jenis pakaian yang dikenakan, terlebih pakaian dalam. Selain itu, seperti jas, kemeja, singlet, tengtop, bra, kaos dan jenis lain juga kerap berjamur.

Gunakan Cara Berikut Untuk Menghilangkan Jamur Pakaian

  1. Cuci dengan air hangat

Cara pertama untuk menghilangkan jamur pada pakaian adalah dengan menggunakan air hangat, karena air hangat dinilai efektif untuk membunuh jamur jika dibandingkan dengan air dingin atau suhu biasa. Kisaran suhu yang digunakan antara 40-50 derajat celcius, umumnya kasus ini hanya jamur yang sifatnya ringan.

Anda juga nembahkan sedikit deterjen pada bagian yang terkena jamur tersebut dengan tujuan untuk membersihkan dari noda dan kuman yang menempel pada pakaian tadi. Bisa juga ditambahkan bahan lain seperti antimikroba misalnya ammonia dan alkohol, dengan harapan jamur pada pakaian bisa dihilangkan.

  • Baking Soda

Baking soda juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan jamur, dengan cara taburkan sedikit baking soda pada area pakaian yang terkena jamur. Biarkan meresap hingga satu jam atau lebih baiknya semalaman, setelah itu baru di cuci bersih dengan menggunakan deterjen.

  • Cairan Pemutih

Alternatif lain untuk menghilangkan jamur adalah dengan cara pada umum yang dilakukan oleh sebagian orang, yakni dengan menggunakan cairan pemutih. Sebab cairan pemutih mengandung klorin dan oksigen. Akan tetapi, anda harus membaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian dari produk pemutih yang dipakai. Sebab penggunaan pemutih jika tidak dengan bijak, misalnya terlalu lama tentu akan merusak serat pada pakaian.

  • Dengan Menggunakan Cuka

Cuka adalah salah satu yang ampuh untuk membunuh jamur, untuk itu dinilai sangat efektif untuk menghilangkan jamur pada pakaian. Caranya, larutkan 1 bagian cuka dengan menggunakan 4-5 bagian air hangat, rendam pakaian kedalam larutan tadi lebih kurang 30 menit hingga 1 jam.

Setelah itu, bilas pakaian dengan air bersih lalu cuci dengan menggunakan deterjen, dengan tujuan agar bau asam pada cuka hilang setelah dicuci bersih.

  • Tempat penyimpanan pakaian

Anda harus cermat dan tepat dalam menyimpan pakaian, sebab jika pakaian disimpan ditempat yang lembab atau menyimpan pakaian basah terlalu lama ditempat pakaian kotor atau mesin cuci tentu akan menimbulkan potensi jamur. Pastikan anda menyimpan pakaian pada tempat yang kering dan aman dari jamur. Jika perlu gunakan pengering pakaian dengan suhu rendah atau angin, untuk menciptakan suhu yang ideal.

6. Gunakan Antijamur Pakaian

Dipasaran ada obat antijamur khusus untuk pakaian, yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jamur pada pakaian. Tentunya anda harus membaca petunjuk penggunaan dan pilihlah produk yang tepat dan disesuaikan dengan pakaian anda, agar tidak rusak.

7. Usahakan Terkena Sinar Matahari

Menjemur pakaian dibawah paparan sinar matahari langsung juga mampu untuk menghilangkan jamur pada pakaian, sebab sinar matahari dapat menekan pertumbuhan jamur bahkan membunuh jamur dan sebagai antijamur alami. Usahakan jika menjemur tidak dilakukan terlalu lama, agar warna pakaian tidak rusak.

Tips Agar Jamur Tidak Tumbuh pada Pakaian

Setelah anda tahu bagaimana cara menghilangkan jamur pada pakaian, berikut ini cara mencegah jamur agar tidak tumbuh :

  • Jangan Simpan pakaian yang masih lembab

Simpanlah pakaian yang sudah kering sempurna, jangan menyimpan pakaian dalam keadaan masih lembab, sebab akan menimbulkan jamur.

  • Pakaian Basah Segera Dicuci

Untuk pakaian yang terlanjur basah, baiknya segera dicuci jangan disimpan terlalu lama, sebab akan menimbulkan jamur pada pakaian tersebut. Jika tidak bisa mencucinya dengan segera, lakukan penjemuran segera, untuk menghindari tumbuhnya jamur.

  • Tempat Penyimpanan pakaian

Perhatikan tempat penyimpanan pakaian untuk menghindari timbulnya jamur, pastikan tempat menyimpan pakaian kering dan bersih serta tidak lembab.

  • Gunakan Deterjen Seperlunya

Penggunaan deterjen untuk mencuci dilakukan seperlunya saja sesuai takaran yang dianjurkan, jika berlebih akan berdampak pada serat pakaian yang menjadi rusak. Selain itu, juga meningkatkan resiko pertumbuhan jamur pada pakaian.

  • Gunakan Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya

Gunakanlah mesin cuci dengan bijak dan sesuai takaran pada mesin cuci, jangan sampai menumpuk pakaia didalam mesin cuci membuat daya cuci pakaian menjadi berkurang. Sehingga nantinya akan mengurangi kualitas dari cucian tentu akan menimbulkan jamur pada pakaian.

  • Jaga Kebersihan Mesin Cuci

Untuk mencegah timbulnya jamur, setiap satu bulan sekali atau secara berkala anda harus mencuci mesin cuci, artinya bagian dalam mesin cuci tersebut dibersihkan baik itu secara manual atau otomatis. Sebab, sisa kotoran pakaian kerap masih menempel dibeberap bagian mesin cuci.

  • Gunakan Pakaian Yang Berkualitas

Jika kerap menanggap sepele pakaian yang kita beli, bahkan hanya melihat murah dari sisi harganya saja. Namun, pakaian yang berkualitas jarang sekali terkena jamur karena sudah diproses sedemikian rupa. Nyatanya, pakaian yang murah dan bahan yang biasa saja, lebih rentan terkena jamuran.***

You May Also Like

About the Author: admin