Cara Agar Modem Wifi Tetap Menyala Saat Listrik Padam

Selain sinyal wifi bersumber dari ponsel, namun ada juga sinyal wifi yang bersumber dari jaringan kabel fiber optic, yang pasarkan oleh perusahaan jaringan wifi seperti Indihome, myrepublic, oksygen, biznet dan masih banyak perusahaan lainnya yang menawarkan jasa internet.

Umumnya jaringan wifi dengan menggunakan kabel fiber optic dengan mematok biaya bulanan dengan kecepatan akses beraneka ragam. Kenapa jaringan kabel fiber optic tetap diminati oleh masyarakat, sebab jaringan ini terbilang stabil meskipun dalam kondisi hujan sekalipun.

Namun ada kelemahan yang ada pada jaringan kabel fiber optic, yakni modem yang digunakan tidak mendukung jika kondisi mati listrik alias mati lampu. Modem yang digunakan sebagai penyebar jaringan wifi di rumah-rumah ini sangat bergantung dengan jaringan listrik.

Jika jaringan listrik di rumah mati, otomatis modem wifi dengan menggunakan kabel fiber optic ini akan ikut mati. Oleh sebab itu, perlu langkah antisipasi dalam menghadapi jika kondisi mati listrik.

Bagi perusahaan atau mall-mall serta industri, mereka biasanya menggunakan genset atau UPS. UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat penyedia listrik cadangan pada komputer, Data Center, dan hal-hal penting lain.

Lalu bagaimana di rumah-rumah biasa, yang skala kecil yang belum memiliki backup tenaga listrik seperti perusahaan atau mall-mall, sehingga jika listrik padam otomatis tidak bisa menikmati jaringan listrik dari wifi langganan mereka.

Berikut adalah langkah bagaimana cara agar wifi di rumah tetap menyala, meskipun mati lampu.

Cara Agar Wifi Tetap Menyala Ketika Mati Listrik

Dengan menggunakan powerbank hp

Dengan menggunakan powerbank untuk charger hp, anda bisa tetap bisa menikmati jaringan internet dari wifi di rumah, cara nya dengan menghubungkan modem wifi dengan powerbank sebagai sumber tenaga pengganti tenaga listrik yang sedang mati.

BACA JUGA  Cara Ampuh Atasi Vertigo Agar Tidak Kambuh

Hanya saja, jika ingin menggunakan powerbank sebagai pengganti daya listrik anda mesti menggunakan alat tambahan yakni konverter daya, dari tegangan 5 volt output dari powerbank menjadi 12 volt.
Sebab tegangan yang diterima oleh modem wifi yang menggunakan kabel fiber optic biasanya menggunakan tegangan 12 volt, sehingga butuh konversi.

Menggunakan Powerbank mini atau ups mini khusus modem

Saat ini banyak sekali dijual di ecommerce powerbank mini khusus untuk backup tenaga listrik modem wifi. Sekilias mirip dengan powerbank untuk charger ponsel, tetapi powerbank mini khusus modem wifi ini sudah memiliki output atau keluaran daya 12 volt, sehingga anda tidak perlu lagi alat untuk konversi daya.

Selain itu, powerbank mini ini tetap tertancap di colokan listrik sepanjang digunakannya modem wifi tadi. Jika suatu saat mati lampu, internet dari modem wifi tadi tetap menyala tanpa terputus sama sekali, dengan kata lain mirip dengan ups untuk backup komputer.

Menggunakan Aki

Alternatif lain jika ingin tetap menikmati jaringan internet menggunakan modem wifi, yakni dengan menggunakan aki 12 volt, bisa menggunakan aki motor atau aki UPS. Hanya saja, anda perlu menyiapkan colokan untuk ke modem serta penjepit aki.

Dengan tujuan, untuk mempermudah jika saat mati listrik, anda langsung bisa menggunakan aki sebagai backup agar modem wifi tetap menyala. Hanya saja, cara ini terbilang sedikit beribet, sebab butuh kerja lagi. Apalagi bagi mereka yang kurang tau, dikhawatirkan terjadi konsleting listrik pada aki yang digunakan.

Jadi kesimpulannya, jika ingin menggunakan backup listrik saat mati lampu untuk modem wifi disarankan poin kedua. Yakni dengan menggunakan powerbank mini atau UPS, sebab cara ini terbilang mudah dan simpel, tidak perlu colok listrik lagi.
Alat ini otomatis membackup listrik jika terjadi mati listrik di rumah anda, sehingga jaringan internet tetap berjalan.***

You May Also Like

About the Author: admin