Cara Agar Jambu Air Berbuah Besar Enak dan Renyah

Mungkin sebagian besar orang suka makan jambu air, entah itu jambu air madu, jambu air citra, jambu air dalhari ataupun jenis lain. Buah yang satu ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Sebab jambu air ini tumbuh subur di Indonesia yang memiliki iklim tropis serta curah hujan yang cukup tinggi.

Populasi jambu air di Indonesia cukup banyak, karena mudah sekali tumbuhnya jika ditanam dan tidak perlu penanganan khusus. Akan tetapi, setelah berbuah butuh penanganan ekstra agar hasil panen tetap maksimal.  

Jambu air madu terkenal enak rasanya – infonyo.com

Jambu Air Buahnya Besar dan Enak

Bagi anda yang menginginkan buah jambu air besar besar dan rasa gurih dan terhindar dari busuk buah, simak info berikut :

  1. Pastikan bibit jambu air yang anda beli berkualitas. Dibeli dari penjual bibit yang amanah, ataupun anda bisa cangkok sendiri dari tanaman jambu air yang sudah ada dan sudah berbuah pastinya.
  2. Pastikan suplai air cukup, sepanjang hari sebab jambu air ini menyerap cukup bagi air. Jika kekurangan air, tentu produksi jambu air akan kurang maksimal sehingga akan mengganggu proses produksi buah.
  3. Buah jambu di bungkus kresek, kantong asoi atau plastik yang sudah dilubangi sebagai tempat pembuangan air dan uap panas yang ada didalam plastic tersebut, agar terhindar dari lalat buah ataupun hama lainnya. Intinya agar buah jambu biji tersebut aman aman saja.
  4. Pastikan dipupuk rutin setiap satu bulan sekali atau dua bulan sekali, seperti pupuk kandang, pupuk NPK atau pupuk organik, sehingga jambu tumbuh maksimal dan buahnya besar.
  5. Dalam satu tangkai jangan terlalu banyak, usahakan maksimal 3-4 buah saja, sebab jika terlalu banyak nutrisi dalam satu tangkai tersebut akan banyak terbagi. Sehingga akan menghasilkan buah yang kurang berkualitas, seperti buah jambunya kecil-kecil dan cepat matang.

Itulah beberapa tips dari kami agar buah jambu air dapat berbuah besar dan lebat serta berkualitas, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi sebagai hobi menanam tanaman buah di pekarangan rumah, meskipun skala hobi tetapi jika diseriusi akan menghasilkan cuan, walaupun hasilnya yang didapatkan tidak sebanyak petani jambu air pada umumnya yang jumlah pohon jambu airnya cukup banyak, tapi ya Alhamdulillah lumayan. Hasil panen selain bisa dijual, juga bisa dibagi-bagi ke tetangga.sekian***

You May Also Like

About the Author: admin