Berikut Ini Manfaat Buah Rambusa Untuk Kesehatan

Markisa Mini Liar Hidup di Semak semak

Buah Rambusa atau Markisa Mini kaya manfaat untuk kesehatan – ( Source : google.com)

Buah Rambusa atau markisa mini yang hidup di semak dan hutan, sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia. Buah ini hidup hampir di seluruh wilayah Indonesia, terlebih di Kalimantan dan Sumatera.

Dikenal dengan nama “Passiflora foetida”, atau disebut juga “wild passion fruit” yang berarti “buah markisa liar”, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia dari dulu hingga kini. Bahkan saat ini telah dikenal banyak orang di seluruh dunia.

Saat kecil saya kerap menjumpai buah ini di semak semak, hidup menjalar dan bergantung didedaunan dan pohon pohon kecil, buahnya yang kecil diselimuti jaring, jika sudah matang buah dan jaringnya berwarna kuning, sedangkan mentahnya berwarna hijau termasuk jaringnya. Bahkan dulu sering memakannya, rasanya mirip sekali dengan markisa hanya saja bentunya yang kecil.

Kandungan Buah Rambusa

  • Kandungan Nutrisi

Buah ini kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, serat, dan mineral seperti fosfor dan zat besi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

  • Antioksidan

Buah dengan nama latin Passiflora foetida mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan berkontribusi pada kesehatan umum.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Tentunya dengan mengkonsumsi rutin akan memberikan dampak yang baik.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat dalam buah ini dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Sebab buah ini mirip sekali dengan markisa, kandungannya juga hampir sama, asem manis gimana gitu.

  • Potensi Efek Sedatif

Sejumlah orang mengklaim bahwa, buah ini memiliki efek sedatif ringan dan dapat membantu meredakan kecemasan atau insomnia. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung klaim ini.

  • Obat Tradisional

Sebagian masyarakat adat percaya bahwa dengan menggunakan buah Passiflora foetida dalam pengobatan tradisional, buah ini membantu menyembuhkan berbagai keluhan diantaranya meredakan demam, batuk, dan gangguan pernapasan lainnya.

  • Dipercaya Anti kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak buah Passiflora foetida dapat memiliki potensi sebagai agen antikanker. Ini bisa saja terjadi akan tetapi butuh penelitian lebih lanjut.

  • Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Buah Rambusa juga memiliki kandungan kalsium, sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  • Menjaga Kesehatan Tulang
  • Mengatasi Gangguan Ginjal
  • Mengontrol Tekanan Darah

Karena didalam buah Rambusa memiliki kandungan fitronutrien, yang  bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Kendati buah Rambusa memiliki banyak manfaat  yang baik, penting diingat bahwa setiap orang memiliki tingkat penyakit yang berbeda beda. Pastikan sebelum dikonsumsi agar dicuci terlebih dahulu, meskipun dipetik secara langsung.

You May Also Like

About the Author: admin