Berburu Ikan Sepat Siam Saat Kemarau Tiba

Mulai surutnya air sungai dan rawa rawa akibat kemarau panjang dimana curah hujan yang hampir tidak ada, merupakan saat yang tepat untuk menangkap ikan sepat siam dan ikan lainnya di sungai. Sebab, saat itulah ikan sepat siam dan ikan lain berkumpul pada satu titik daerah yang masih ada airnya untuk bertahan hidup akibat kemarau.

Ikan Sepat hasil tangkapan alam memang enak rasanya – infonyo.com

Ikan Sepat siam dengan nama latin Trichogaster pectoralis merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Penelusuran Infonyo.com ikan Sepat Siam juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti ikan gurami sepantul, ikan gurami petangis, atau ikan gurami sungsang. Mereka memiliki penampilan yang menarik dengan warna-warna yang cerah dan sirip-sirip yang panjang.

[irp]

Di Jambi, sebagian masyarakat yang hidup di kampung atau dusun memiliki aktivitas yang cukup menarik. Dimana saat musim kemarau atau air sungai dan sawah mulai surut, mereka berduyun duyun turun ke sungai ataupun rawa untuk mencari ikan.

Saat air mulai mengering, menangkap ikan sepat dan ikan lainnya menjadi mudah. Tidak butuh peralatan khusus, akan tetapi hanya butuh wadah atau tempat untuk menampung ikan tersebut nantinya.

Biasanya untuk menangkap ikan sepat siam, mereka menggunakan jala, serokan, serkap, tangkul dan alat tangkap lainnya. Dengan tujuan agar ikan yang didapat cukup banyak, nantinya tidak hanya dikonsumsi sendiri namun bisa dijual ke warga lainnya.

Biasanya ikan siam yang didapat saat musim kemarau ini, ukurannya cukup besar daripada didapat saat air tengah banyak,  katakannya indukannya, sekira selebar telapak tangan orang dewasa.

Oleh sebab itu, harga jual ikan sepat saat musim ini menjadi murah, karena hampir setiap wilayah panen ikan ini. Setiap daerah yang memiliki anak sungai, rawa ataupun sawah, umumnya panen ikan sepat siam ini.

[irp]

Kenapa masyarakat suka dengan ikan ini, sebab jika ukurannya sudah besar sangatlah enak, dagingnya yang tebal dan rasa yang manis membuat ikan sepat siam termasuk ikan primadona. Apalagi ikan yang baru  didapat dari sungai dalam keadaan hidup, sangat manis daging dan enak pula rasanya.

Ikan sepat siam bisa dibuat menu masakan apa saja, tetap enak rasanya. Seperti dibakar atau di panggang, masak tempoyak, gulai, ataupun pindang tetapkan enak dan lezat, serta cara mengolahnya juga terbilang mudah, oleh sebab itu ikan ini sangat disukai dan diminati.

Jika tidak laku dijual, sebagian masyarakat mengolah ikan sepat siam ini menjadi  ikan asin, tentu butuh proses lagi dan waktu yang cukup panjang. Namun, ikan asin sepat siam ini juga laku dipasaran, selain itu harganya juga terbilang cukup tinggi. Jadi tidak ada salahnya mereka mengolah ikan sepat siam segar menjadi ikan asin untuk dijual nantinya.

Bagi anda penggemar ikan sepat siam ini, saat ini adalah waktu yang tepat dimana sudah masuk musim kemarau, dan air sungai juga mulai surut, silahkan anda hunting di pasar pasar yang ada diwilayah anda.

[irp]

Selain itu, ada juga yang telah membudidayakan ikan sepat siam ini, jadi tidak hanya menunggu waktu musim kemarau saja, hari hari biasanya anda juga menikmati ikan ini. Hanya saja, ikan sepat siam alam tentu saja berbeda dengan tangkapan alam.

Sekadang diketahui, ikan sepat siam juga banyak dijadikan ikan hias, sebab motif yang terdapat pada tubuh ikan ini lumayan menarik dan menjadi daya tarik tersendiri. Ikan siam rawa umumnya memiliki corak bergaris ditubuhnya berwarna hitam, sedangkan tubuh pada umumnya kehijauan dengan sirip memanjang.

Adapun beberapa informasi tentang ikan sepat siam ini adalah sebagai berikut :

  • Penampilan

Ikan Sepat Siam memiliki tubuh yang pipih dan melintang, serta memiliki warna yang mencolok, seperti oranye, merah, atau biru, dengan belang-belang hitam atau garis-garis di seluruh tubuh mereka. Sirip ekornya panjang dan mencuat, memberikan tampilan yang unik.

  • Perilaku

Ikan Sepat Siam umumnya adalah ikan yang damai, meskipun kadang-kadang dapat terjadi persaingan antara jantan. Mereka adalah ikan yang relatif mudah dipelihara dan cocok untuk komunitas pencinta ikan hias dan akuarium.

[irp]
  • Pemeliharaan

Untuk memelihara ikan Sepat Siam dengan baik, Anda memerlukan akuarium yang cukup besar dengan kondisi air yang baik. Mereka lebih suka air yang hangat dengan suhu sekitar 25-28 derajat Celsius (77-82 derajat Fahrenheit). Mereka juga memerlukan perlengkapan akuarium yang sesuai, seperti tempat persembunyian dan tanaman air.

  • Pakan

 Makanan ikan Sepat Siam dapat berupa pelet ikan, cacing, serangga kecil, dan makanan alami lainnya. Pastikan memberi mereka makanan yang bervariasi untuk memastikan kesehatan dan perkembangan yang baik.

  • Reproduksi

Ikan Sepat Siam adalah pemijah. Jika Anda ingin membudidayakan mereka, Anda perlu menyediakan kondisi perairan yang sesuai dan memantau proses pemijahan dan perawatan larva yang teliti.

Ikan Sepat Siam adalah ikan yang juga populer di kalangan penggemar akuarium. Namun, seperti semua ikan hias, mereka memerlukan perhatian khusus dan pengetahuan yang baik untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan mereka dalam akuarium.***

You May Also Like

About the Author: admin