Jangan Panik Ini Dia Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

Aki merupakan tempat menyimpan energi pada suatu kendaraan, entah itu mobil ataupun motor. Sehingga aki adalah alat yang vital pada setiap kendaran, karena mempunyai peranan penting.

Namun semua aki tidak sama umur pakainnya, idealnya sebuah aki bisa bertahan dan mempunya umur ekonomi yakni 2- 4 empat tahun, idealnya 2 tahunan. Jika umur aki kendaraan anda penggunaannya lebih dari 2 tahun, itu merupakan bonus bahkan nilai plus pada aki tersebut.

Aki yang anda miliki tidak selalu sehat setelah digunakan, akan tetapi aki juga memiliki berbagai problem atau masalah yang timbul setelah pemakaian dalam waktu yang lama.

Apakah Aki Bisa Tekor

Aki yang anda gunakan, entah itu motor atau mobil bisa mengalami “tekor” atau tegangan yang ada didalam aki tersebut jauh berkurang, sehingga tidak bisa untuk menyalakan kendaraan yang anda miliki.

Bisa saja dari faktor umur aki ataupun dari faktor lain, yang membuat aki pada kendaraan anda tidak mampu mensuplai tenaga kelistrikan pada kendaraannya anda, seperti rusaknya dinamo cas atau alternatornya.

Namun anda jangan buru buru untuk menggantinya, namun perlu di cek terlebih dahulu, apakah memang benar rusak akinya, ataukah hanya tekor karena kendaraan anda tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

AKI Umur 2,5 tahun masih bagus

Jika aki anda berumur dua tahun atau lebih, tiba tiba tekor saat diperjalanan dijaln. Maka jangan cepat dibuang atau di jual. Anda perlu kroscek  terlebih dahulu aki2 tersebut, baiknya di charger, biasanya jika aki umurnya masih dikisaran 2 tahun masih bagus dan layak dipakai

Jika sudah di charge, akan tetapi daya yang tersimpan didalam cepat habis, lakukan pengurasan simak informasinya berikut ini:

[irp]

Lakukan pengurasan Aki

  • Kuras air aki seluruhnya
  • Cuci bersih aki terutama diarea lobang dengan menggunakan air gallon atau air yang ph nya stabil, dengan tujuan agar kotoran didalam keluar.
  • Setelah itu keringkan beberapa saat agar sisa air yang didalam aki bisa kering.
  • Setelah dikuras, isi aki dengan aki zuur atau air aki dengan label merah. Biasanya untuk pengisian aki kosong memerlukan beberapa liter aki zuur, sesuai dengan tipe dan besarnya amper aki tersebut.
  • Selanjutnya cas aki, atau setrum. Bisa dilakukan sendiri atau bengkel cas aki.

Berdasarkan pengalaman sendiri, aki mobil yang saya pakai tekor, biasanya karena mobil tidak dipanasi terlebih dahulu sebelum digunakan secara rutin pastinya.

Untuk itu, jika anda pernah mengalami kejadian aki mobil tekor, sehingga mobil anda tidak bisa di “starter”.  Namun anda jangan panik, cukup panggil orang orang disekitar anda, untuk membantu mendorong mobil anda, atau jamper menggunakan aki lainnya.

Tips Merawat Aki Mobil

Aki perlu perawatan agar bisa bertahan lama – infonyo.com

Merawat aki mobil dengan baik adalah kunci untuk memastikan kinerjanya yang optimal dan masa pakainya yang lebih lama. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat aki mobil agar awet dan tahan lama:

  • Pemilihan Aki yang Tepat

Pastikan Anda memilih aki yang sesuai dengan jenis dan ukuran mobil Anda. Pilih aki dengan kapasitas yang memadai untuk kebutuhan kendaraan Anda.

  • Pemeliharaan Berkala

Lakukan pemeriksaan berkala pada aki, terutama selama musim dingin atau panas yang ekstrem. Periksa apakah ada tanda-tanda korosi pada terminal atau retakan pada kasing aki, untuk aki basah anda bisa cek air aki yang ada didalamnya.

  • Pembersihan Terminal

Pastikan terminal aki tetap bersih. Anda bisa membersihkannya dengan menyikat terminal dengan campuran air dan baking soda. Setelah membersihkan, bilas dengan air bersih dan keringkan.

  • Perawatan Sel Elektrolit

 Jika Anda memiliki aki konvensional dengan sel elektrolit terbuka, periksa tingkat elektrolit secara berkala. Pastikan selalu cukup cairan dalam sel, tetapi jangan mengisi terlalu penuh. Gunakan air demineralisasi untuk mengisi jika perlu.

  • Pemakaian Rutin

 Pastikan mobil Anda digunakan secara rutin. Aki cenderung terdegradasi lebih cepat jika mobil jarang digunakan. Jika Anda memiliki mobil yang jarang digunakan, pertimbangkan untuk menggunakan alat pemeliharaan aki atau mematikan aki secara fisik saat mobil tidak digunakan.

  • Pengisian yang Tepat

Pastikan aki terisi penuh secara teratur. Jika aki terlalu sering kehabisan daya atau terlalu sering terisi penuh, itu dapat memengaruhi masa pakai aki. Pertimbangkan pengisian aki dengan alat pengisi daya yang tepat.

  • Jaga Aki Tetap Dingin

Suhu yang tinggi dapat mempercepat penuaan aki. Pastikan aki terlindungi dari panas berlebihan, terutama selama musim panas. Gunakan penutup aki atau parkir di tempat yang teduh jika memungkinkan.

  • Pemeriksaan Tegangan Lakukan pemeriksaan tegangan aki secara berkala. Jika tegangan aki turun di bawah level yang sehat, pertimbangkan untuk menggantinya.
  • Matikan Beban Listrik

Pastikan semua peralatan listrik dalam mobil dimatikan saat mesin dimatikan. Ini akan mencegah aki terbebani berlebihan.

[irp]
  • Penggantian Tepat Waktu

Jika aki sudah mencapai usia atau masa pakai yang direkomendasikan oleh produsen, pertimbangkan untuk menggantinya, bahkan jika tidak ada masalah yang terlihat.

Mengikuti tips-tips ini dapat membantu menjaga aki mobil Anda dalam kondisi yang baik dan memperpanjang umur pakainya. Ingatlah bahwa perawatan yang baik akan membantu Anda menghindari masalah aki yang tidak diinginkan dan juga dapat menghemat uang dalam jangka panjang.***

You May Also Like

About the Author: admin