7 Cara Beli Emas Batangan untuk Investasi Masa Depan

INFONYO.COM – Investasi emas atau juga emas batangan hingga saat ini masih disukai oleh sebagian besar masyarakat, termasuk menjadi primadona. Sebab investasi emas dibilang stabil jika dibanding investasi dalam bentuk lainnya.

Walaupun terkadang harga emas turun, namun kecenderungannya sedikit sekali, bahkan jika dilihat dari dahulu hingga saat ini harga emas terus naik.

Sebagai pemula, yang ingin investasi emas baiknya memperbanyak literasi, jangan sampai tertipu. Apalagi saat ini marak juga emas aspal asli tapi palsu serta berkedok investasi emas tapi bodong.

Dalam membeli emas tidak bisa sembarangan, selain toko-toko yang telah dipercaya di suatu daerah, ada sejumlah lembaga perbankan atau lembaga keuangan non bank. Seperti Pegadaian menjadi salah satu alternatif untuk membeli emas batangan karena mendapatkan sertifikat resmi.

Ada beberapa cara jika ingin membeli emas batangan, yuk simak artikel ini sampai selesai yah.

Cara Beli Emas Batangan

Tentukan Tujuan Investasi

Anda perlu menentukan tujuan investasi emas batangan yang dipilih, terutama investasi jangka panjang. Investasi tersebut untuk dana pendidikan, ibadah haji atau dana yang dipersiapkan di masa mendatang.
Dengan demikian, anda akan tahu seberapa besar alokasi yang ada serta kebutuhan investasi yang akan dicapai nantinya. Intinya, investasi tersebut cukup untuk membiayai target nantinya.

Tahu dan Fahami Tingkat Kemurnian Emas

Agar tahu dan tidak salah pilih nantinya, anda harus tahu dan faham tingkat kemurnian emas yang akan dibeli, misalnya emas 18 karat, 24 karat dan lainnya.

Sebab emas 24 karat adalah emas batangan dengan tingkat kemurnian emas yang paling tinggi, sebab emas 24 karat merupakan emas tanpa campuran logam lainnya.

Namun untuk emas 18 karat ada campuran logam lainnya, sebanyak 6 dari total 24 karat. Disarankan tetap memilih investasi emas batangan 24 karat, agar keuntungan makin tinggi.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki On Off ¬†Mode Remote AC Sharp Error

Ukuran Emas yang akan Dibeli

Pastikan anda menentukan ukuran emas batangan yang akan dibeli untuk investasi, sebab ukuran tersebut menentukan anggaran yang akan dikeluarkan. Misalnya emas batangan dari mulai 1 gram hingga 1 kilogram juga tesedia. Oleh sebab itu, belilah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Untuk emas ukuran kecil cenderung mudah dicairkan dan dijual, sedangkan untuk emas ukuran besar sedikit memakan waktu jika dijual, dan cocok dijadikan untuk investasi jangka panjang nantinya.

Belilah Emas di Tempat yang tepat dan terpercaya

Jika ingin membeli emas batangan, baiknya belilah ditempat yang telah terpercaya dan tepat. Jangan asal membeli emas ditempat yang tidak terjamin kualitas dan kredibilitasnya, jika anda tidak ingin merugi dikemudian hari.

Beli lah emas batangan di lembaga resmi yang menjual emas batangan dan bersertifikat resmi, dan berizin resmi pemerintah, seperti OJK dan lembaga lainnya.

Tempat Penyimpanan Emas

Jika telah memutuskan untuk membeli emas batangan, maka jangan lupa untuk memikirkan tempat penyimpanan emas yang tepat. Selain aman, tempat yang bersih serta tidak berjamur atau berkarat turut menjadi perhatian untuk menyimpan emas tersebut.

Jika ingin menyimpannya sendiri di rumah, usahakan disimpan ditempat khusus atau brangkas, yang aman dari pencurian atau kebakaran. Atau jika ingin menyimpannya di lembaga keuangan bisa di safe deposite box dengan biaya tahunan yang telah ditentukan.

Bandingkan harga emas di pasaran

Sebelum membeli emas batangan, pastikan terlebih dahulu cek harga pasaran atau kata lainnya bandingkan dahulu harga emas batangan antara satu tempat dengan yang lain. Agar bisa mengetahui lebih soal harga emas yang ada dipasaran.

Bisa datang langsung ke gerai penjualan emas, atau bisa melalui media online seperti website dan aplikasi. Saat ini tersebar banyak sekali informasi mengenai harga emas yang dijual baik offline atau online.

BACA JUGA  Manfaat Biji Pepaya Yang Sering Disepelekan, Padahal Sangat Bermanfaat

Belilah emas saat harga sedang turun

Jika ingin mendapatkan profit atau keuntungan cepat ketika berinvetasi emas, belilah emas ketika harganya sedang turun. Strategi ini dinilai jitu untuk untung cepat jika berinvestasi emas.
Meskipun untuk jangka panjang sama saja, namun anda sudah menghemat biaya untuk membeli emas dengan harga murah. Sehingga alokasi dana yang akan dibelanjakan untuk investasi emas bisa lebih banyak.

Itulah 7 cara membeli emas batangan untuk investasi emas di masa mendatang, agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal.**

You May Also Like

About the Author: admin