12 Ciri ciri Madu Asli Yang Patut Anda Ketahui

Madu merupakan hasil kekayaan alam ciptaan Yang Maha Kuasa, yang sangat bermanfaat untuk manusia sebagai obat maupun mencegah berbagai macam penyakit. Madu adalah intisari dari nektar bunga yang dikomsumsi lebah, maka jadilah yang namanya madu yang rasanya manis yang disukai banyak orang.

Didalam Al quran Allah berfirman pada Q.S An Nahl Ayat 69, yang berbunyi “Madu” adalah pemanis alami yang dihasilkan dari perut lebah, yang makanan utamanya berasal dari sari pati (nectar) tanaman, yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Sejak zaman dulu, madu dipercaya sebagai obat dan menangkal berbagai macam penyakit, bahkan hingga kini madu sangat familiar dan banyak di produksi dan dijual dipasaran untuk dikonsumsi.

BACA JUGA

Berikut ini kami paparkan sejumlah cirri-ciri madu asli

  • Mengalir dengan cepat

Madu asli tidak terlalu kental dan terlalu encer, namun tergantung kadar air didalamnya, namun secara kasat mata, madu asli jika diteteskan akan mengalir dengan cepat.

  • Tidak mudah larut dalam air

Madu asli jika tercampur didalam air dia tidak akan mudah larut, saat baru dicampurkan tampak terpisah dengan air, namun jika sudah diaduk maka akan tercampur sempurna.

  • Rasa madu asli tidak tertinggal di lidah

Penting untuk diketahui, rasa madu asli jika kita cicip atau mengkonsumsinya tidak akan tertinggal di lidah dan seakan rasanya cepat menghilang. Karena zat-zat yang terkandungan didalam madu tersebut.

  • Tidak berbuih jika dipanaskan

Madu asli ketika dipanaskan dengans suhu sedang tidak akan berbuih, namun ketika dalam suhu normal ruangan kerap sekali mengeluarkan buih.

  • Madu asli tampak agak sedikit keruh

Jika membeli madu asli tanpa 2x penyaringan langsung dari alam, tampak agak sedikit keruh. Karena saat pemerasan sarang madu, sedikit tercampur. Sehingga madu saat dikemas tampak sedikit keruh.

  • Saat masuk Freezer Tidak Membeku

Kita seringkali menyimpan madu didalam lemari pendingin, apalagi di freezer. Namun saat disimpan difreezer madu asli tidak akan membeku, jika ada bagian yang membeku dipastikan madu asli sudah tercampur dengan gula.

  • Aroma Madu seperti bunga atau rerumputan

Madu asli memiliki ciri khas, yakni memiliki aroma wangi seperti bunga atau rerumputan sesuai dengan bunga atau nektar apa yang dimakan lebah.

  • Tidak Lengket

Jika kita diletakkan atau terkena tangan, madu asli cenderung tidak lengket seperti gula cair. Oleh sebab itu, madu asli kerap dijadikan masker wajah atau bahan tambahan untuk merawat wajah.

  • Tekstur Madu Sedikit Kental

Madu asli memiliki tesktur yang sedikit kental, apalagi ketika dimasukkan ke dalam lemari es, akan tetapi madu asli tidak akan membeku, hanya saja makin mengental.

  • Suka Berbuih Didalam Suhu Ruangan

Kita kerap sekali menemukan madu asli tiba-tiba berbuih saat suhu normal, atau didalam ruangan. Umumnya ciri ini merupakan, ciri madu asli.

  • Rasa yang agak sedikit sepat

Madu asli yang langsung dari alam tanpa campuran sedikitpun, terkadang memiliki rasa agak sedikit sepat. Rasa ini ditimbulkan oleh apa nektar atau bunga apa yang dimakan lebah, sehingga rasa tersebut muncul didalam madu yang kita konsumsi.

  • Saat Dibuka Kerap Mengeluarkan Gas

Madu Asli saat dibuka botolnya sering mengeluarkan gas, oleh sebab itu pengemasan madu asli tidak sampai penuh, hanya separuh dari isi botol saja, sebagai untuk antisipasi agar madu tidak meledak saat pengiriman

Itulah 11 ciri-ciri madu asli yang berhasil kami rangkum dan juga berdasarkan pengalaman saat membeli madu asli dan madu palsu. Anda perlu berhati-hati dalam membeli madu, sebab madu palsu alias madu yang sudah dicampur banyak beredar.***

You May Also Like

About the Author: admin