11 Khasiat Minyak But But Yang Jarang Diketahui Orang

Serta Efek Sampingnya

Minyak NSBO didalamnya terdapat kandungan minyak but but – ( source : naturalnusantara.co.id )

Minyak but but adalah minyak yang dihasilkan dari burung but but, yang di ekstrak dari air liur burung bud bud itu sendiri, lalu diolah dan dijadikan sebuah minyak sehingga praktis digunakan.

Menurut peracik minyak ini, minyak but but memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan. Yang mana pembuktiannya adalah dari para pengguna minyak itu sendiri, dari kesaksiannya mereka menyebut sangat puas hasil dari menggunakan minyak ini baik itu sebagai pengobatan ataupun kecantikan.

Berikut beberapa klaim yang sering dikaitkan dengan minyak but but:

  • Meringankan Batuk

Minyak but but saat ini telah dibuat menjadi minyak gosok, sehingga mudah digunakan.  Minyak ini bisa meringankan batu karena adanya iritasi di saluran pernafasan.

[irp]

Minyak bud bud akan membantu mengatasi iritasi pada saluran pernafasan, jika digunakan tentu akan meringankan iritasi, sehingga dapat mereda batuk.

Minyak ini juga mengandung sifat antiseptik dan antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.

  • Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat minyak but but berikut yakni, membantu mengatasi masalah pencernaan. Sebab, minyak but but ini memiliki kandungan esensial, tentunya akan membantu merangsang produksi enzim pencernaan, juga akan mempercepat proses pencernaan. Dan juga akan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit.

[irp]
  • Pereda Nyeri Perut

Jika kamu mengalami atau menderita nyeri pada perut, nah silahkan coba minyak but but ini. Kandungan minyak esensial pada minyak in  akan membantu meredakan nyeri perut, yang mana kandungan minyak esensialnya memiliki sifat antispasmodic Sifat dan ini dapat membantu mengurangi kontraksi otot pada perut yang menyebabkan rasa nyeri tadi.

  • Mengatasi nyeri punggung

Untuk masalah nyeri di punggung, silahkan beri minyak but but, banyak kasus dengan menggunakan minyak but but ini, masalah nyeri punggung akan reda dalam beberapa hari.  

Nyeri punggung bisa diatasi oleh minyak but but, selain itu juga dapat membantu mengatasi ketegangan pada otot-otot tersebut sehingga nyeri punggung dapat mereda.

  • Alat Bantu Relaksasi

Khasiat berikut, minyak but but dapat membantu meredakan stress. Bagi anda yang membutuhkan pada otot otot anda, Kandungan minyak essensial, kandungan minyak esensial dalam minyak but but.

Minyak ini akan membantu meredakan stres dan meningkatkan rasa tenang. Untuk yang susah tidur atau insomnia juga bisa dibantu dengan minyak ini dengan cara dioleskan.

[irp]
  • Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E, merupakan salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan kulit. Dimana kandungan esensialnya juga mampu menjaga kesehatan kulit. Didalam minyak but but ini, minyak esensial yang dimiliki dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

  • Meringankan Sakit Kepala

Peranan minyak esensialnya juga mampu meringankan sakit kepala baik itu anak anak maupun orang dewasa.  Cara kerja minyak but but dengan jalan meringankan ketegangan otot otot, terlebih otot kepala, yang menyebabkan sakit kepala. Selain itu, aromanya yang muncul bisa dijadikan terapi mengobati sakit kepala.

  • Mempercepat Pemulihan Cidera

Jika kita mengalami cidera saat beraktifitas, senam, karate dan olah raga lainnya. Kandungan minyak esensialnya dapat membantu meredakan peradangan pada otot-otot yang mengalami cedera olahraga. Nggak hanya itu, juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada area yang cedera sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

  • Mengatasi Gatal pada Kulit

Kandungan minyak essensial yang terdapat pada minyak but but juga mampu mengatasi masalah kulit, ruam dan eksim ataupun gatal.

  • Mengatasi masalah penciuman.

Jika kamu yang mengalami masalah pada indra penciuman, oleskan minyak but but didekat area hidung, dan biarkan beberapa saat, biasanya masalah penciuman anda agar segera membaik.  

  • Melancarkan Peredaran Darah

Minyak but but juga baik sebagai obat terapi untuk melancarkan aliran darah. Oleh sebab itu, banyak yang terbantu setelah menggunakan minyak ini.

Efek Samping Penggunaan Minyak But But

Walaupun minyak but but punya banyak manfaat, namun juga terdapat beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.

Jika anda mengalami efek samping yang parah usai menggunakan minyak ini, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Adapun Efek Samping yang ditimbulkan diantaranya :

  • Iritasi kulit

Anda perlu berhati hati,  sebab jika minyak but but digunakan secara berlebihan maka akan menyebabkan iritasi pada kulit.

  • Alergi

Dari sejumlah kasus, sebagian orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap minyak but but, terutama pada kulit, dan ini menjadi perhatian agar anda tetap waspada.

  • Sensisitif Jika Terkena Mata

Jika menggunakan minyak but but anda perlu berhati hati, sebab minyak ini jika terkena mata sedikit kurang nyaman. Jika terkena cucilah dengan air bersih beberapa kali.

  • Efek Untuk Anak Anak

Untuk penggunaan pada anak anak, hendaklah anda sesuaikan dan perlu kehati hatian.

  • Bukan Untuk Internal

Minyak but but tidak direkomendasikan dikonsumsi, karena akan menimbulkan efek seperti seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut.

[irp]

Minyak ini cukup terkenal dan familiar sehingga banyak dicari, karena terkenal ampuh. Untuk itu, ada perlu cermat dan selektif dalam membeli, jangan sampai dapat produk yang palsu, sehingga tidak memiliki khasiat nantinya.

Untuk saat ini, minyak but but sudah dikemas dengan nama minyak NSBO keluaran PT. Nasa dengan dua tipe aroma, yakni aroma cengkeh dan lemon dan khasiatnya hampir sama.***

You May Also Like

About the Author: admin